10 Obyek Wisata di Banjarmasin Untuk Rekreasi Bersama Keluarga

Kota Banjarmasin atau dalam bahasa latin disebut Bandiermasinensis adalah satu kota sekaligus ibukota provinsi Kalimantan Selatan. Banjarmasin adalah Pusat untuk Kegiatan Wilayah (PKW), sebagai Kota Pusat Pemerintahan (ibukota Provinsi Kalimantan Selatan), serta sebagai salah satu pintu gerbang nasional dan juga sebagai kota-kota pusat kegiatan ekonomi. Nah kali ini kita akan berjalan-jalan di kota yang memiliki semboyan Kayuh Baimbai Banjar yang berarti Mendayung Bersama-sama, ini dia 10 wisata di Banjarmasin khusus untuk kalian, yaitu:

1. Taman Maskot
Taman ini menampilkan maskot Kota Banjarmasin yaitu bekantan yang tersaji dalam sebuah patung ukuran orang dewasa di depang gerbang dan pohon kasturi yang menjadi tempat bergelantungnya para monyet di sekitar kawasan. Sisi kanan gerbang dapat ditemui rumah tanaman berisi banyak kaktus, lidah buaya, dan beberapa jenis tanaman lain dalam pot. Taman yang berada di Jalan H. Djok Mentaya sudah dilengkapi dengan lahan parkir, mushola, toilet, bangku taman, warung makan dan arena bermain anak.

2. Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura
Ingin berburu kuliner khas Banjarmasin? Cepat datang dan nikmati pusat kuliner yang ada di Jalan Pos yang menghubungkan dengan Jalan Sudirman dan Jalan Hasanudin. Di sepanjang jalan ini banyak penjual menjajakan jajanan khas Banjarmasin seperti laksa, nasi kuning, soto Banjar dan lupis. Masakan daerah lain juga menjadi pelengkap pilihan makanan yang tersaji di sini.

3. Kampung Sasirangan
Berbelanjalah batik khas Banjarmasin yaitu Batik Sasirangan di Jalan Seberang Masjid, Kampung Melayu yang tersedia batik yang memiliki warna cerah baik berupa kain, pakaian jadi, selendang, sprei, bahkan taplak meja, hingga berbagai aksesoris cantik lainnya. Anda juga dapat menyaksikan langsung proses pembuatan batik Sasirangan ini.

4. Museum Wasaka
Buka setiap hari kecuali Senin dan hari libur nasional pada pukul 08.30-12.30 tanpa dipungut biaya sedikit pun. Wasaka adalah singkatan dari motto perjuangan Kalsel yaitu Waja Sampai Kaputing yang beradi di Jalan H. Andir, Kampung Kenang Ulu Banjarmasin Utara lengkap dengan arsitektur berupa rumah adat Banjarmasin berbentuk panggung dengan atap tinggi. Di sini Anda dapat melihat berbagai koleksi foto, mesin ketik, seragam perjuangan, dan senjata untuk melawan penjajah yaitu keris dan senjata api milik Belanda yang dirampas. Dapat kita jumpai pula sepeda tua untuk mengantar surat secara sembunyi-sembunyi pada masanya. Uniknya di ini, kita dapat melihat teks proklamasi yang dibuat pada tanggal 17 Mei 1949 yang isinya sangat berbeda dengan teks proklamasi yang sudah diketahui oleh rakyat Indonesia. Hal ini terjadi karena saat perjanjia Linggarjati, Kalimantan tidak masuk dalam NKRI. Meski begitu warga Kalimantan tetap terus berjuang untuk menjadi bagian NKRI dan berhasil menyatakan merdeka 4 tahun setelah Bung Karno membaca teks proklamasi.

5. Masjid Sultan Suriansyah
Tak lengkap jika berada di suatu tempat tanpa berkunjung ke masjid istimewa di daerah itu. Di Banjarmasin tepatnya Kelurahan Kuin Utara terdapat masjid tertua di Banjarmasin karena dibangun antara tahun 1526-1550 yang berbentuk seperti rumah panggung lengkap dengan ukiran khas Kalimantan Selatan dan atap tumpang. Uniknya meski bangunan masjid ini hampir mirip dengan bangunan masjid Agung Demak, namun di sini khususnya tempat imam salat memiliki atap sendiri yang terpisah dari atap bangunan utama.

6. Masjid Sabilal Muhtadin
Ini dia masjid terbesar di Banjarmasin dengan menyajikan lima buah menara yang dapat menampung 15.000 jamaah. Masjid yang dibangun pada tahun 1981 merupakan masjid yang namanya diambil dari nama kitab yang ditulis oleh Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjary.

7. Pasar Intan Martapura
Nah bagi Anda pecinta batu permata silahkan datang dan berbelanja di pasar dimana terdapat sekitar 87 toko batu permata yang berada di Jalan Ahmad Yani Martapura. Anda dapat berbelanja aneka macam hasil olahan batu permata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura.

8. Pasar Terapung
Sudah menjadi ciri khas warga Banjarmasin untuk berbelanja kebutuhan pangan bahkan sandangnya di pasar ini. Pasar terapung yang populer bermuara di sungai Barito dimana terdapat transaksi jual beli yang bisa dilaksanakan di atas perahu yang sedang mengapung. Pasar ini hanya akan bertransaksi dari mulai pukul 05.00-07.00, jadi jangan sampai Anda melewatkannya. Uniknya transaksi jual-beli melibatkan uang sebagai bukti pembayarannya, namun di sini menggunakan sistem barter atau saling tukar barang. Karena banyak perahu di pasar ini terkadang mempersulit pembeli atau penjual untuk memberikan barang dagangannya karena letaknya yang tidak berdekatan, untuk itu digunakan tongkat dengan ujung kawat untuk memudahkan pengambilan barang.

9. Taman Siring Sungai Martapura
Terletak di Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Kapten Tendean ini ramai dikunjungi saat sore hari untuk melihat aktivitas jukung atau perahu khas Banjarmasin di sungai. Anda dapat menikmati suasana dengan memancing atau sekedar duduk santai sembari menikmati kuliner yang banyak dijual. Di hari Minggu kawasan ini akan sangat ramai oleh anak muda dari komunitas skateboard dan BMX, sehingga terkadang tempat ini dijadikan sebagai lokasi perlombaan untuk komunitasnya.

10. Pulau Kembang
Pulau yang berada di tengah sungai Barito yang banyak ditemukan habitat monyet dan berbagai jenis burung. Menurut warga, terdapat pula seekor monyet besar yang menjadi Raja para monyet. Di sini terdapat sebuah altar lengkap dengan arca kera putih atau Hanoman yang digunakan oleh warga Tionghoa untuk meletakkan sesaji pada watu tertentu. Anda dapat datang ke pulau ini dengan Rp 5.000,00 untuk WNI dan Rp 25.000,00 untuk WNA. Disarankan untuk pengunjung membawa buah-buahan atau makanan ringan agar perhatian monyet-monyet ini teralihkan dari tas Anda yang dapat menjadi sasaran para monyet karena rasa penasaran yang mereka miliki.

berikut foto-foto wisata banjarmasin :

Taman Siring Sungai Martapura banjarmasin Kampung Sasirangan banjarmasin Masjid Sabilal Muhtadin banjarmasin Masjid Sultan Suriansyah Banjarmasin Museum Wasaka banjarmasin Pasar Intan Martapura banjarmasin Pasar Terapung Banjarmasin Pulau Kembang banjarmasin Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura banjarmasin Taman Maskot banjarmasin

Add Comment