10 Obyek Wisata Pontianak Kalimantan Barat Untuk Rekreasi Bersama Keluarga

Kota Pontianak (Pinyin, Kundian) adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat Indonesia. Kota ini dikenal sebagai kota Khatulistiwa dikarenakan kota yang dilalui oleh garis Khatulistiwa. Di utara kota tepatnya di Siantan terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis khatulistiwa. Selain itu, Kota Pontianak juga dilalui Sungai Kapuas dimana menjadi sungai terpanjang di Indonesia. Nah apa saja wisata di kota yang dilalui garis Khatulistiwa ini? Apakah ada wisata sepanas cuaca kota ini? Nah berikut ini rangkumannya:

1. Sinka Island Park
Terlatak di Teluk Ma’jantuh Singkawang memiliki beragam tempat wisata dari kebun binatang atau Sinka Zoo dimana ada sekitar 200 ekor binatang dari 62 spesies yang dapat Anda lihat hanya dengan Rp 10.000,00 saja. Selain itu, Anda juga dapat bermain di pantai Banjau dengan membayar Rp 20.000,00 dimana akan tersaji bebatuan di tepi pantai, atau Anda juga dapat berenang di kolam renang yang sudah tersedia. Jangan lewatkan untuk menyeberang ke Pulau Simping merupakan pulau terkecil di dunia yang terdapat sebuah klenteng yang dapat Anda nikmati hanya dengan mengeluarkan uang Rp 15.000,00 saja.

2. Museum Kalimantan Barat
Dikenal juga dengan nama Museum Negeri Pontianak di Jalan Jendral ahmad Yani yang memiliki ketiga zona dengan koleksi yang berbeda mulai dari artefak temuan di Kalbar, koleksi benda kerajaan, kerajinan seni dan budaya suku Dayak, hingga koleksi keramik dari Cina. Terdapat sebuah jembatan kayu di taman kecil yang dapat dinikmati setiap hari Selasa-Kamis pukul 08.00-16.00 dan Hari Jumat-Minggu pukul 08.00-15.00 karena setiap hari Senin ditutup.

3. Tugu Khatulistiwa
Terdapat empat buah pilar kayu belian dimana dua pilar di belakang lebih tinggi dari pilar depan dimana dapat kita temukan juga sebuah tulisan EVENAAR di antara dua pilar belakang. Uniknya Anda tidak akan dipungut biaya sedikitpun saat memasukki kawasan ini, namun Anda harus membayar Rp 10.000,00 jika ingin mendapatkan sertifikat bukti kunjungan yang lengkap dengan tanda tangan walikota Pontianak. Di sekitar kawasan juga tersedia museum yang berisi informasi mengenai garis imajinasi bumi. Nah lebih baik datang pada tanggal 21-23 Maret atau 21-23 September untuk melihat fenomena yang menakjubkan dimana matahari akan ada tepat di atas garis Khatulistiwa sehingga semua benda yang terletak di atas garis ini tidak akan memiliki bayangan. Tentunya Anda juga dapat berburu souvenir yaitu miniatur Tugu Khatulistiwa.

4. Rumah Betang Radakng
Bangunan ini terbuat dari kayu ulin dan dihiasi ukiran lengkap dengan lukisan khas Dayak, merupakan replika rumah adat suku Dayak yang sengaja dibuat oleh Pemerintah Kota yang berlokasi di Jalan Sultan Syahrir Kota Baru yang berhasil meraih rekor sebagai rumah terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter. Uniknya suku Dayak akan hidup bersama dengan semua anggota keluarganya dalam satu rumah, hal ini berpengaruh dari ukuran rumah dimana semakin banyak penghuninya maka akan semakin panjang ukuran rumahnya. Rumah yang terdiri dari tiga bagian yaitu teras atau pante, ruang selasar atau ruang kumpul keluarga, dan ruang tidur atau bilik yang dijadikan ruangan pribadi masing-masing kepala keluarga. Jika Anda datang di waktu yang tepat, Anda akan melihat pertunjukkan seni atau latihan menari dan lainnya di sini.

5. Masjid Jami Pontianak
Dikenal juga dengan nama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman yang atapnya bertingkat empat, empat pilar utama di dalam yang terbuat dari kayu belian dengan diameter 0,5 meter. Sekitar 200 meter dari Keraton Kadriah Anda dapat menikmati keindahan Masjid yang merupakan saksi asal mula kota Pontianak dan masjid yang dapat menampung 1.500 jamaah yang didesign seperti rumah panggung untuk menghidari banjir dari Sungai Kapuas yang meluap. Anda dapat mengunjungi pasar tradisional yang menjual ikan segar dari Sungai Kapuas berada di sisi kiri pintu masuk masjid.

6. Taman Alun-alun Kapuas
Sebuah taman rekreasi keluarga berada di tanah seluas 3 hektar memiliki replika tugu Khatulistiwa di salah satu sudutnya. Di sini juga telah disediakan bangku untuk duduk santai menikmati kuliner khas Kalimantan yang dijajakan.

7. Aloe Vera Center
Kawasan yang berada di Jalan Budi Utomo adalah tempat budidaya Lidah Buaya yang tumbuh bisa mencapai 1,2 kg untuk setiap pelepahnya. Anda juga dapat membeli oleh-oleh sampai melihat produksi jajanan berbahan lidah buaya seperti dodol, permen, tepung bahkan krim kulit.

8. Pantai Pasir Panjang
Pantai yang berada di Kecamatan Tujuhbelas atau sekitar 17 km dari kota Singkawang terbilang lengkap. Karena selain menyuguhkan kecantikkan pantainya, di sini juga telah tersedia hotel, cottage, restoran, toko souvenir, bahkan diskotik. Anda hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000,00 per orang.

9. Keraton Kadriah
Berada di Jalan Tritura Pontianak dibangun pada tahun 1971 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie yaitu Sultan pertama di Pontianak. Bangunan Kesultanan ini didominasi warna kuning dan terbuat dari kayu belian yang merupakan kayu khas Kalimantan yang menyebut dengan nama kayu besi karena kondisi kayu yang sangat bagus. Jika Anda berkunjung di sini, Anda akan melihat meriam kuno peninggalan dari bangsa Portugis dan Jepang di halaman luar, sedangkan di dalam Anda akan melihat singgasana Sultan lengkap dengan singgasana Permaisuri dan seluruh pernak-pernik atribut yang pernah dipakai, kemudian ada juga foto-foto dan sebuah Al-Quran yang ditulis sendiri oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie.

10. Makam Kesultanan Batulayang
Sesuai dengan namanya, kawasan ini memang kompleks pemakaman tujuh sultan beserta keluarganya, tentunya makam utama di sini adalah makam sultan pertama Pontianak. Unikny pintu masuk ke makam ini dibuat rendah, sehingga para peziarah harus merunduk saat masuk sebagai bentuk penghormatan pada sultan. Di luar pemakaman ada sebuah gundukan batu hijau yang disebut batulayang yang berada sekitar 2 km dari Tugu Khatulistiwa.

Tugu Khatulistiwa pontianak Aloe Vera Center pontianak Keraton Kadriah pontianak Makam Kesultanan Batulayang pontianak Masjid Jami Pontianak Museum Kalimantan Barat pontianak Pantai Pasir Panjang pontianak Rumah Betang Radakng pontianak Sinka Island Park pontianak Taman Alun-alun Kapuas pontianak

Add Comment