3 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Ibu Hamil Kembar Tetap Nyaman

drwox.com – Ibu hamil yang mempunyai calon anak kembar harus lebih berhati-hati dalam menjaga aktivitasnya terutama demi kesehatan dan keselamatan ibu serta bayi kembar yang dikandungnya. Menurut Dr Indra NC Anwar, SpOg dari RS Bunda yang berada di Jakarta Pusat, ada 3 hal yang wajib diperhatikan agar ibu hamil kembar tetap merasa nyaman, simak selengkapnya sebagai berikut.

  1. Jangan terlalu letih.

Letih yang berlebihan pada ibu hamil kembar dapat menimbulkan kontraksi. Pada ibu hamil kembar, kontraksi dapat muncul dengan lebih berat, sehingga janin yang dikandungnya dapat lahir sebelum waktunya atau prematur. Jadi, pengaturan terhadap aktivitas ibu antara pekerjaan dan istirahat harus diseimbangkan dengan baik.

Ibu hamil kembar biasanya membutuhkan waktu untuk beristirahat dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan kehamilan tunggal. Saat ibu merasa tidak nyaman dengan kehamilannya, maka beristirahatlah sejenak dan jangan dipaksakan untuk bekerja. Lakukan pekerjaan yang ringan saja. Jika memungkinkan, ibu dapat meminta keringanan kepada kantor untuk dimutasi ke bagian yang lebih ringan. Namun jika pekerjaan terasa berat dan ibu tidak boleh mengajukan mutasi pekerjaan, maka ibu disarankan untuk mengajukan permohonon cuti lebih cepat, misalnya saja dua bulan sebelum persalinan.

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Ibu Hamil Kembar Tetap Nyaman

  1. Puasa hubungan intim.

Setelah usia kandungan masuk 30 minggu, berhubungan intim sebaiknya tidak dilakukan. Karena hubungan intim dikhawatirkan dapat memicu terjadinya kontraksi atau terjadi penekanan yang terlalu berat pada perut ibu, sehingga janin akan terganggu kenyamanannya.

  1. Tidak melakukan perjalanan jauh.

Melakukan perjalanan jauh tentunya akan membuat ibu merasa lelah. Padahal, kelelahan atau keletihan yang dialami oleh ibu hamil dapat merangsang kontraksi dan kelahiran secara prematur. Sehingga perjalanan jauh lebih baik ditunda dulu. Ibu hamil lebih baik jika memperbanyak waktu untuk beristirahat di rumah.

Jika memang terpaksa harus melakukan perjalanan jauh, maka ibu hamil kembar lebih baik melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu. Seperti melakukan pengaturan posisi di dalam mobil dengan nyaman, menyediakan minuman dan makanan yang dibutuhkan, mengatur aktivitas yang akan dilakukan di perjalanan atau di tempat tujuan, serta mengatur waktu istirahat saat di perjalanan.

Add Comment