4 Penyakit Yang Paling Sering Mengakibatkan Kematian Yang Cepat

Drwox.com – Kematian pasti terjadi pada setiap orang, entah bagaimana caranya. Maka dari itu syukurilah hidup anda dengan menjaga kesehatan yang telah dianugerahkan oleh Allah.  Penyakit merupakan salah satu penyebab kematian manusia. Berikut beberapa penyakit yang paling sering mengakibatkan kematian.

Serangan Jantung

Penyakit jantung atau serangan jantung merupakan penyebab yang paling sering terjadi saat ini. Angka kematian pada penyakit jantung sangat tinggi sekali. Apabila serangan jantung terjadi, maka hanya sedikit sekali yang mampu bertahan. Maka dari itu mulai sekarang kurangilah resiko penyakit jantung dengan mengurangi rokok atau bahkan berhentilah merokok. Lakukan olahraga rutin, makan gizi seimbang dan minumlah air putih yang cukup setiap harinya. Jangan lupa untuk memantau kadar kolesterol dan tekanan darah anda secara rutin di dokter. Penyakit jantung yang paling sering dialami adalah jantung koroner, faktor resiko yang paling sering adalah kolesterol, kegemukan, dan tekanan darah tinggi.

Penyakit Yang Paling Sering Mengakibatkan Kematian Yang Cepat, jantung, stroke, paru-paru, kanker

Kanker

Semua tipe kanker sangat bertanggung jawab terhadap penyebab kematian banyak orang. Kanker merupakan sel abnormal yang tumbuh, secara cepat dan sangat mengganggu organ tubuh sehat lainnya. Kanker yang paling sering terjadi pada wanita adalah kanker payudara dan kanker ovarium, kemudian disusul oleh kanker paru dan kanker usus. Kanker yang paling sering terjadi pada laki-laki adalah kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker usus/kolorektal. Kanker yang paling mematikan bagi laki-laki dan wanita adalah kanker paru. Kanker paru ini kejadiannya meningkat akhir-akhir ini, terutama pada wanita dan non perokok. Kanker yang paling tinggi mengakibatkan kematian pada wanita adalah kanker payudara. maka dari itu para wanita yang berumur lebih dari 40 tahun sebaiknya selalu memeriksakan keadaan payudaranya secara rutin di fasilitas kesehatan.

Faktor resikko terjadinya kanker paling tinggi adalah pengaruh keturunan dan gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, tidak diragukan lagi meningkatkan resiko munculnya kanker. Maka dari itu hindarilah rokok, baik merokok aktif maupun pasif. Makanlah buah dan sayur, kurangi berat badan dan perbanyak olah raga untuk mengurangi resiko terjadinya kanker.

Stroke

Stroke juga merupakan penyakit yang paling sering mengakibatkan kematian. Ada 2 jenis stroke yaitu stroke iskemik (sumbatan) dan stroke hemoragik (perdarahan). Stroke yang paling mematikan adalah stroke perdarahan. Angka kesembuhan stroke perdarahan sangat kecil sekali, bahkan tak jarang dapat mengakibatkan kematian mendadak. Jika sembuh kemungkinan lumpuh separo sangatlah tinggi. Pemulihan stroke juga tergolong tidak sebentar. Perlu ketekunan dan kesabaran yang tinggi. Ingat stroke tidak terjadi pada orangtua saja, dewasa muda sekarang ini juga banyak yang mengalami stroke. Faktor resiko terjadinya stroke diantaranya tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol yang tinggi, penyakit jantung, penyakit gula (diabetes), obesitas, minum alkohol dan merokok. Angka kejadian stroke paling tinggi adalah pada pria.

Penyakit paru-paru

Penyakit paru-paru memang sering terjadi pada anak-anak dan dewasa. Tidak sedikit yang berkembang menjadi penyakit berbahaya bahkan kematian. Pada dewasa penyakit paru yang paling sering terjadi adalah penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), bronchitis kronis dan emfisema. Semua penyakit tersebut gejala yang paling sering muncul adalah sesak nafas. Tanda pada foto rontgen biasanya paru-paru sudah melemah bahkan rusak. Menurut berbagai penelitian PPOK paling banyak disebabkan oleh kebiasaan merokok di waktu mudanya. PPOK juga sering kami temui di pelayanan primer, dan tidak sedikit yang mengalami penyakit ini. Kebanyakan adalah laki-laki dan dulunya (bahkan sampai sekarang) adalah perokok berat. Waspadalah.

Add Comment