5 Tips Mudah Mengatasi Bibir Kering saat Berpuasa

drwox.com – Bibir seringkali mengalami pecah – pecah saat sedang menjalani ibadah puasa. Salah satu yang menjadi penyebabnya yaitu karena tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Meski demikian, Anda dapat mencegah terjadinya bibir pecah – pecah. Seperti yang dikutip dari Wikihow, beberapa tips mudah untuk mengatasi bibir kering pada saat berpuasa adalah sebagai berikut.

1. Minum banyak air saat sahur
Mengkonsumsi air dalam jumlah banyak pada saat sahur dapat membuat Anda terhindar dari dehidrasi selama seharian menjalani puasa. Di samping itu, minum banyak air juga mampu melindungi kelembaban bibir Anda dari dalam secara alami dan membuatnya menjadi semakin halus.

2. Pakailah lip balm dengan kandungan alami
Gunakan lah lip balm dengan kandungan alami setiap kali Anda keluar rumah. Tujuannya adalah agar kelembapan bibir dapat lebih terjaga saat seharian berpuasa. Anda dapat memilih lip balm dengan kandungan minyak jojoba atau vitamin E sehingga bibir Anda akan terlindungi secara maksimal.

3. Oleskan sedikit baby oil sebelum tidur
Oleskan lah sedikit baby oil ke permukaan bibir Anda sebelum tidur. Hal tersebut penting dilakukan agar bibir selalu mendapatkan kelembapan meski Anda sedang tidur. Anda dapat melakukan hal tersebut setiap hari secara rutin agar bibir Anda nampak tetap indah meski sedang berpuasa. 5 Tips Mudah Mengatasi Bibir Kering saat Berpuasa

4. Hilangkan kulit bibir yang kering dengan scrub alami
Agar kulit bibir yang kering dapat dihilangkan saat sedang berpuasa, maka Anda dapat memanfaatkan campuran gula pasir dan petroleum jelly yang digosokkan perlahan ke bibir. Untuk menggosoknya, gunakan lah sikat gigi yang lembut dan air hangat. Cara tersebut dapat membuat seluruh kulit kering di bibir Anda menjadi hilang.

5. Jangan menggigit atau menjilat bibir
Banyak orang yang mempunyai kebiasaan menggigit atau menjilat bibirnya saat sedang menjalani puasa, hal tersebut biasanya dilakukan untuk menahan rasa lapar. Banyak yang beranggapan bahwa cara tersebut mampu mengatasi bibir yang kering. Namun kenyataanya, kebiasaan tersebut justru akan membuat bibir menjadi semakin kering. Karena lapisan luar pelindung bibir menjadi terkelupas sehingga justru akan membuat tesktur bibir menjadi semakin kasar.

Add Comment