6 Kondisi Ibu Hamil yang Tidak Diperbolehkan Berpuasa Ramadhan

drwox.com – Ibu dengan masa kehamilan yang sudah cukup tua dan kuat atau dengan usia kehamilan sekitar empat bulan ke atas merupakan ibu hamil yang diperbolehkan berpuasa secara medis. Karena pada usia kehamilan 4 hingga 7 bulan, kondisi kesehatan tidak akan banyak terpengaruh oleh aktivitas puasa sebab sang ibu biasanya telah melewati taraf penyesuaian sehingga kondisi kesehatannya lebih stabil. Sebaliknya, kondisi ibu hamil yang tidak diperbolehkan berpuasa menurut Dr.Siti Salima, Sp.OG yang merupakan ahli kandungan dari RS Pantai Indah Kapuk, Jakarta adalah sebagai berikut:

  1. Perdarahan

Bagi ibu yang pernah mengalami perdarahan di masa kehamilannya, maka jangan lah memaksakan diri untuk berpuasa karena hal tersebut justru hanya akan menambah parah keadaan sehingga keselamatan ibu dan janin yang berada di dalam perut dapat terancam.

  1. Diabetes Melitus (DM)

Ibu hamil yang menderita diabetes melitus tidak disarankan untuk berpuasa. Karena ibu hamil tidak hanya harus melakukan terapi obat secara teratur saja, tetapi juga harus melaksanakan program makan yang telah dibuat agar kadar gula darah tetap dapat terkontrol dan stabil.

6 Kondisi Ibu Hamil yang Tidak Diperbolehkan Berpuasa Ramadhan

  1. Hipertensi

Terapi obat juga tidak dapat dilewatkan pada kasus hipertensi. Jika terapi obat sampai terlewat, maka kemungkinan besar tekanan darah menjadi tidak terkontrol sehingga dapat naik dan turun secara tiba – tiba. Padahal, tekanan darah tidak stabil atau naik – turun secara mendadak harus dihindari pada masa kehamilan karena dapat mengakibatkan kematian bagi ibu maupun janin yang ada di dalam kandungannya.

  1. Gangguan sistem pencernaan

Bagi ibu hamil yang mempunyai gangguan pencernaan seperti maag tidak disarankan untuk berpuasa karena hal tersebut dapat meningkatkan besarnya peluang penyakit untuk kambuh. Asam lambung akan semakin meningkat pada lambung yang kosong.

  1. Dehidrasi

Jiwa ibu hamil dan bayi yang dikandungnya dapat terancam jika ibu hamil sampai mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, jika hal tersebut telah dialami oleh ibu hamil yang sedang berpuasa, maka segera lah berbuka puasa. Pastikan ibu hamil tidak sampai mengalami hal tersebut yang biasanya diawali dengan muntah berlebih dan diare, keringat dingin yang berlebihan, dan disertai keluhan lemas dan pusing.

  1. Hari H

Pada hari persalinan, ibu hamil tidak disarankan untuk berpuasa. Hal ini dikarenakan ibu hamil memerlukan energi ekstra yang dibutuhkannya saat melahirkan. Jika memaksakan diri untuk berpuasa, maka hanya akan membahayakan diri sendiri dan juga bayi yang dikandungnya.

Add Comment