6 Tips Mudik Lebaran Tetap Menyenangkan

Mendekati Hari Raya Lebaran, jalanan yang digunakan sebagai jalur mudik baik jalur utara maupun jalur selatan tentunya akan mengalami kondisi yang padat atau bahkan tidak jarang mengalami macet total. Hal tersebut disebabkan karena kegiatan puncak arus mudik Lebaran yang sudah menjadi ritual tahunan memang sedang berlangsung.

Arus puncak mudik tersebut tentu saja juga dirasakan di beberapa pelabuhan seperti Pelabuhan Merak, Banten, Pelabuhan Ketapang, dan juga Banyuwangi di mana ratusan mobil pribadi dan motor harus melakukan antre hingga berjam – jam agar dapat terangkut okeh kapal ferry.

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran pada puncak arus mudik, Anda tetap dapat melakukannya dengan menyenangkan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar perjalanan mudik tetap menyenangkan.

1. Jaga kesehatan
Menjaga kesehatan sebelum melakukan perjalanan mudik dan selama perjalanan menjadi hal penting yang harus Anda siapkan agar dapat selamat sampai tujuan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga stamina selama perjalanan mudik adalah tidur yang cukup sebelum memulai perjalanan serta jangan segan untuk mengkonsumsi vitamin. Selain itu, jika Anda merasa mengantuk dan lelah selama perjalanan, maka sebaiknya Anda menepi dan melakukan istirahat sejenak.

2. Bawa perangkat hiburan
Meski jalur yang akan dilewati telah direncanakan dan GPS telah dibawa, namun kemacetan pada puncak arus mudik tetap saja tidak dapat dihindari.

Oleh karena itu, bagi para pemudik sangat lah penting untuk membawa serta perangkat hiburannya. Bagi pemudik yang menggunakan roda empat, maka Anda dapat membawa cd musik yang dapat dijadikan sebagai sarana hiburan saat dilanda kemacetan.

Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, maka Anda hanya perlu membawa perangkat pemutar mp3 seperti iPod atau mp3 player yang dapat Anda dengarkan saat mengalami macet total. Namun yang harus diingat adalah jangan mendengarkan musik saat sedang mengendarai motor Anda, karena hal tersebut justru dapat membahayakan Anda sendiri.

3. Bawa bekal makanan
Tips selanjutnya yang juga dapat Anda lakukan saat melakukan mudik di kala puncak arus mudik Lebaran adalah dengan membawa bekal makanan seperti snack dan juga air minum.

Sengatan matahari serta waktu perjalanan yang cukup lama terkadang dapat membuat para pemudik tidak kuat dalam menahan rasa lapar hingga akhirnya terpaksa tidak menjalankan ibadah puasa. Daripada Anda harus repot – repot mencari toko makanan, maka Anda sebaiknya membawa bekal makanan sendiri sebagai persediaan selama melakukan perjalanan mudik. 6 Tips Mudik Lebaran Tetap Menyenangkan

4. Sedia GPS
Melakukan perjalanan mudik menuju ke kampung halaman pada saat puncak arus mudik yang sedang berlangsung memang perlu disiasati secara cerdas.

Membawa GPS dapat menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan. Sehingga saat Anda berada pada kondisi dimana terjadi kemacetan yang cukup parah, maka Anda dapat mencari jalur alternatif yang mungkin lebih lengang untuk dilewati dan Anda pun dapat menghemat waktu perjalanan. GPS juga dapat digunakan saat Anda berada di tengah perjalanan, namun justru terjadi pengalihan jalur mudik oleh pihak kepolisian sebagai upaya memecah titik kemacetan.

5. Jangan bawa barang berlebihan
Bagi pengendara motor tentunya sangat lah penting untuk tidak membawa barang yang berlebihan saat memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik pada puncak arus mudik Lebaran.

Karena membawa barang berlebihan tidak hanya dapat membuat keseimbangan dan aerodinamika motor menjadi berkurang, tetapi juga dapat menjadi salah satu hal yang membahayakan karena dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Bagi para pemudik yang menggunakan mobil pribadi, hal tersebut juga dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi semakin hemat. Karena pengeluaran untuk bahan bakar tentunya akan meningkat akibat mobil yang lebih sering berhenti dan terjebak macet saat puncak arus mudik Lebaran.

6. Siapkan mental
Mental menjadi hal selanjutnya yang juga penting untuk dipersiapkan saat akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman pada puncak arus mudik Lebaran.

Jangan lah Anda merasa tergesa – gesa untuk cepat sampai. Karena hal tersebut justru akan membuat Anda semakin merasa stress saat titik kemacetan banyak Anda temui. Saat melakukan mudik Lebaran pada hari mendekati hari H, maka Anda harus tetap rileks.

Add Comment