7 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

drwox.com – Saat lebaran tiba, hal yang telah menjadi tradisi dan dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah ritual mudik menuju ke kampung halaman. Namun tetap lah untuk selalu waspada, karena rumah Anda yang ditinggalkan saat mudik tentunya dapat mengundang pelaku pencurian rumah kosong.

Kepala Bidang Humas Polda MetroJaya, Kombes Baharudin Djafar menjelaskan bahwa tindak kejahatan menjelang lebaran diprediksi akan terus meningkat, terutama pencurian di rumah kosong. Baharudin juga menyampaikan beberapa tips agar rumah tetap aman dan bebas dari pelaku pencurian saat sedang ditinggal mudik. Berikut tips selengkapnya:

1. Semua listrik yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan untuk mencegah terjadinya hubungan arus pendek yang dapat menyebabkan timbulnya kebakaran.

2. Pastikan Anda tidak meninggalkan barang – barang yang berharga di dalam rumah selama Anda pergi mudik seperti uang atau perhiasan. Barang berharga tersebut lebih baik Anda simpan di bank agar lebih aman.rumah ditnggal mudik

3. Hindari hal – hal yang dapat menandakan bahwa rumah sedang ditinggal mudik sehingga tidak akan menarik perhatian para pelaku kejahatan. Sebagai contoh, jika Anda berlangganan koran, maka minta lah kepada loper koran agar koran tidak dikirimkan selama Anda melakukan mudik.

4. Usahakan agar lampu rumah tidak menyala terus dari pagi hingga pagi lagi selama Anda tinggal mudik. Jika perlu, Anda dapat menggunakan lampu otomatis yang akan menyala dan mati sendiri sesuai dengan pengaturan waktu yang Anda inginkan. Selain itu, Baharudin menyarankan agar Anda tetap meletakkan sepatu atau sandal di depan pintu rumah, sehingga rumah seolah – olah memang ada penghuninya.

5. Pastikan jika semua pintu dan jendela rumah telah terkunci dengan rapat sebelum Anda pergi meninggalkan rumah. Baharudin menyarankan agar kunci rumah cadangan tidak ditinggalkan begitu saja di bawah pot, keset, atau tempat – tempat lainnya.

6. Jika diperlukan, Anda dapat menitipkan rumah kepada orang yang Anda percaya seperti tetangga atau satpam perumahan. Baharudin menyarankan agar pemudik dapat meminta tolong kepada tetangga atau satpam untuk sesekali memeriksa kondisi rumah.

7. Jika perlu, Anda juga dapat memasang alarm sekuriti di rumah atau menggunakan kamera CCTV di rumah pada beberapa titik seperti ruang tamu, halaman rumah, dan juga kamar tidur.

Add Comment