7 Tips Mengendarai Motor Dengan Aman Ketika Mudik Lebaran Idul Fitri

Setelah melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh, hari kemenangan yang ditunggu – tunggu oleh umat Muslim pun akan segera tiba. Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang sangat dinantikan dan disambut kedatangannya dengan suka cita. Mudik menjadi tradisi yang paling identik dengan Hari Raya Idul Fitri. Mudik tentunya telah menjadi rutinitas yang selalu dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat di Indonesia.

Banyak warga yang berbondong – bondong melakukan perjalanan menuju kampung halamannya untuk dapat bertemu dengan keluarga dan sanak saudara. Para pemudik biasanya melakukan perjalanan mudik dengan mengendarai motor, mobil pribadi, jalur laut, angkutan antar kota, dan lain sebagainya.

Namun, masyarakat Indonesia kebanyakan memilih untuk melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan motor bersama keluarga. Dengan semakin banyaknya pemudik yang mengendarai motor, maka jalanan pada saat menjelang hari raya juga akan semakin padat. Sehingga angka kecelakaan tentunya menjadi semakin meningkat. mudik aman dengan motor

Untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi, maka beberapa tips aman untuk mudik dengan mengendarai sepeda motor berikut mungkin perlu Anda ikuti. Simak tips selengkapnya berikut ini.

  1. Berangkat bersama rombongan

Anda sebaiknya melakukan perjalanan mudik dengan berangkat bersama rombongan pemudik motor yang lainnya. Hal tersebut dapat menghindari Anda dari aksi kejahatan yang biasa terjadi di jalanan. Tidak hanya itu, Anda juga akan langsung mendapat pertolongan jika suatu saat mengalami masalah di jalan.

  1. Cek kelengkapan surat-surat

Semua kelengkapan surat – surat, seperti SIM dan STNK dapat Anda cek terlebih dahulu. Dengan melengkapi surat – surat tersebut, Anda tentunya tidak akan merasa terganggu jika suatu saat polisi melakukan razia saat Anda sedang berada di perjalanan menuju kampung halaman. Karena jika Anda lupa tidak membawa salah satu atau keduanya, maka motor Anda akan ditahan oleh polisi sehingga perjalanan mudik Anda tentunya akan terganggu.

  1. Gunakan kelengkapan berkendara

Kelengkapan berkendara menjadi hal yang penting untuk Anda perhatikan, misalnya saja helm SNI, sarung tangan, jaket, pelindung dada, dan juga sepatu. Spion menjadi hal yang sering sekali diabaikan oleh para pengendara motor. Padahal, dua spion harus tetap terpasang pada motor Anda. Jika tidak, maka bersiaplah untuk ditilang oleh polisi. Menyalakan lampu juga harus Anda lakukan meski saat siang hari, karena hal tersebut dapat membuat angka kecelakaan menjadi semakin berkurang.

  1. Cek keadaan motor

Pasti keadaan motor Anda dalam kondisi yang baik. Anda dapat melakukan pemeriksaan, mulai dari oli, air radiator, serta semua cairan yang berada di motor, seperti minyak rem dan rantai. Tekanan ban juga harus Anda periksa sebelum melakukan perjalanan mudik. Ban motor juga jangan lupa untuk Anda pompa terlebih dahulu agar hal – hal yang tidak diinginkan dapat dihindari. Jika perlu, Anda dapat melakukan servis motor terlebih dahulu sebelum perjalanan mudik dilakukan dan pastikan bahwa motor kesayangan Anda memang telah siap untuk melakukan perjalanan jauh.

  1. Tidak membawa barang yang terlalu banyak

Membawa barang yang terlalu banyak tentunya dapat membuat Anda semakin sulit untuk mengendarai motor. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk melakukan bonceng tiga pada motor karena hal tersebut akan sangat membahayakan diri sendiri dan juga orang lain. Anda lebih baik mengusahakan untuk membawa barang seperlunya saja. Sehingga Anda tidak akan kerepotan dan perjalanan Anda pun menjadi tidak terganggu.

  1. Istirahat

Anda harus beristirahat setiap 3 jam sekali agar konsentrasi dan stamina tubuh Anda dapat dikembalikan. Saat Anda belum merasa lelah, Anda tetap perlu berhenti sejenak meski hanya sekedar bersantai.

  1. Dilarang ngebut

Anda sebaiknya tidak memacu kendaraan dengan terlalu cepat. Karena hal tersebut dapat berbahaya bagi Anda dan orang lain. Anda seharusnya berkendara dengan santai, tenang, dan tidak tergesa – gesa. Meski pelan, namun keselamatan dan kewaspadaan Anda tetap dapat terjaga. Ingat lah bahwa keluarga sedang menantikan Anda di rumah. Sehingga semua kemungkinan yang ada sebaiknya dapat Anda perhatikan dengan sebaik – baiknya.

Demikian tips aman untuk mudik dengan mengendarai sepeda motor. Semoga bermanfaat!

Add Comment