Apa Itu Gamat Dan Apa Manfaatnya Bagi Tubuh?

Tahukah Anda apa itu gamat?
Gamat atau yang sering disebut teripang atau timun laut merupakan hewan laut yang memiliki bentuk panjang dan memiliki tekstur keras pada kulitnya. Hewan yang masuk dalam keluatga holothuroidea ini hidup di seluruh dunia pada dasar laut. Hewan yang dipercaya sejak jaman nenek moyang sebagai obat herbal ini memakan plankton dan biasanya hidup secara solitaire. Hewan laut satu ini menggunakan sinyal sebagai media untuk berkomunikasi. Sinyal ini berupa hormon yang nantinya akan dikirim melalui air sebagai perantaranya. Gamat dapat meregenarasi dirinya sedniri karena mempunyai kandungan unik dalam tubuhnya yaitu cell growth factor atau faktor regenerasi sel. Faktor inilah yang menyebabkan gamat dapat memperbarui sel tubuhnya yang rusak.

Manfaat gamat
Setelah mengetahui apa itu gamat, tentulah Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi dari gamat. Gamat sudah sejak lama dikenal sebagai obat karena kemampuannya untuk meregenerasi tubuhnya. Gamat mengandung kolagen, protein, mineral, glukosaminoglikan, asam amino, kondroitin, mukopolisakarida, dan asam-asam lemak yang bagus bagi tubuh. Pada zaman dahulu masyarakat Asia sudah menggunakan air gamat untuk menghentikan pendarahan pada wanita yang baru saja melahirkan. Air gamat juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan bagi anak yang dikhitan. Pada masa lalu, gamat diolah dengan menggunakan alat dan metode yang tradisional oleh beberapa suku tertentu di Asia sehingga tidak banyak yang tahu kegunaan gamat. Tapi di zaman modern seperti sekarang ini, gamat (terutama gamat emas) diolah dengan cara yang lebih canggih.APA ITU GAMAT

Biasanya gamat diolah dengan cara diekstrak dan dikeringkan. Selanjutnya gamat akan dibuat serbuknya. Serbuk inilah yang nantinya menjadi cikal bakal lotion gamat yang terkenal akan keampuhannya kenyembuhkan luka dengan cepat. Selain dibuat dalam bentuk lotion, gamat juga dibuat dalam bentuk jelly. Jelly ini dapat diminum dan dipercaya mengobati penyakit dalam seperti maag, diabetes, serta digunakan untuk menambah vitalitas dan kekbalan tubuh. Gamat bahkan diyakini dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dan parasit pada penyakit malaria.

Add Comment