Apa Itu Pemeriksaan HbA1c Pada Diabetes

Thursday, February 28th 2013. | Kesehatan

Drwox.com – Diabetes merupakan penyakit kronis yang banyak menghantui orang. Setiap hari kadar gula darah kita naik dan turun. Naik dan turunnya gula tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Jika seseorang menderita diabetes maka kemungkinan naik turunnya kadar gula dalam darah bisa mencapai tingkat yang mengkhawatirkan. Oleh karena itu penderita diabetes wajib melakukan cek atau pemeriksaan kadar gula darah secara rutin. Namun demikian jika pemeriksaan dilakukan terlampau sering juga kurang efisien. Sekarang ini telah ada pemeriksaan kadar gula darah yang disebut pemeriksaan HbA1c. Pemeriksaan HbA1c ini dapat member gambaran kadar gula darah dalam kurun waktu 3 bulan ke belakang. Sehingga pemeriksaan HbA1c ini banyak manfaatnya baik untuk penderita diabetes atau juga orang yang memiliki resiko terkena penyakit diabetes.

Apa itu pemeriksaan HbA1c
Pemeriksaan HbA1c Pada Diabetes
Pemeriksaan HbA1c atau hemoglobin A1c adalah suatu pemeriksaan darah yang sangat penting untuk mengetahui kadar gula darah anda dalam kurun waktu kurang lebih 12 minggu ke belakang. Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan yang cukup penting untuk penderita diabetes apakah kadar gulanya terkontrol dengan baik atau tidak. Hal ini juga dapat memberikan informasi apakah obat diabetes yang diminum cukup efektif atau tidak dalam mengendalikan kadar gula darah.

Hemoglobin merupakan suatu zat dalam seldarah merah yang mengangkut oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh anda. Bila gula darah anda tinggi dan tidak terkontrol maka gula akan menumpuk dalam darah, sehingga kemudian gula tersebut bergabung dengan hemoglobin, hal ini disebut hemoglobin terglikasi. Semakin banyak glukosa dalam darah, maka HbA1c akan muncul.  Dari sinilah mengapa pemeriksaan hemoglobin A1c (HbA1c) dapat menjadi acuan untuk mengetahui kadar gula dalam darah dalam beberapa waktu terakhir. Biasanya sekitar 3 bulan terakhir.

Berapa kadar normal pemeriksaan HbA1c

Kadar normal HbA1c adalah berkisar antara 3,5% sampai 5,6%. Kemudian kadar HbA1c pada 5,7%-6,4% menunjukkan arti bahwa pasien memiliki resiko terjadinya diabetes atau pre diabetes. Lalu kadar di atas  6,5% memiliki arti pasien kemungkinan besar adalah penderita diabetes. Pada penderita diabetes target kadar HbA1c yang harus dicapai adalah dibawah 7%. Dengan mengetahui kadar HbA1c penderita diabetes dapat mengevaluasi penatalaksanaan diabetesnya. Tentunya dengan berkonsultasi kepada dokter.

Tabel Perbandingan HbA1c dengan Kadar gula darah Tabel Perbandingan HbA1c dengan Kadar gula darah 2

Sel darah merah hidup selama 8 -12 minggu sebelum mereka digantikaan dengan sel yang baru. Dengan mengukur HbA1C, dapat memberitahu anda seberapa tinggi glukosa darah anda rata-rata selama 8-12 minggu terakhir. Penderita diabetes dapat melakukan tes ini dalam kurun waktu 3 bulan sekali. Namun demikian jika hasil tes tidak menunjukkan bahwa pasien tersebut dapat mencapai kadar target yang ditentukan makan beberapa ahli menyarankan tes HbA1c ini dapat dilakukan 2 kali dalam setahun. Pemeriksaan HbA1c merupakan salah satu standar terbaik dalam pemeriksaan untuk diabetes. Namun demikian pemeriksaan ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Hubungi dokter untuk mendapatkan rekomendasi pemeriksaan HbA1c. Pemeriksaan darah HbA1c ini biasanya dilakukan di laboratorium medis tertentu atau di rumah sakit.

Hasil tes HbA1c juga tidak selamanya harus selalu valid. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi hasil HbA1c diantaranya suplemen vitamin E, vitamin C, kolesterol tinggi, serta penyakit ginjal dan hati. Gangguan darah dan beberapa ras tertentu bisa mengakibatkan hasil yang kurang valid.

Berapa harga pemeriksaan HbA1C di Indonesia?

Untuk masalah ini saya kurang tahu. Dan jikalau saya tahu kurang etis untuk menyebutkannya disini. Untuk harga silakan hubungi laboratorium terdekat di kota anda.

 Referensi :

SHARE donk kakak...
tags: , , , , , , , , , , , ,