APA ITU PENYAKIT GONORE

Sunday, November 25th 2012. | Kesehatan

Drwox.com – Penyakit kelamin gonore merupakan penyakit menular seksual yang sering terjadi. TAk jarang beberapa pasien bahkan mengalami lebih dari satu kali. Tentu saja penyakit ini lebih sering ditularkan melalui hubungan seksual. Berikut wawasan sekilas tentang penyakit gonore.

 DEFINISI gonore

Gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neissheria gonorrhoeae yang berbentuk coccus. Bakteri  ini biasanya menginfeksi daerah kemaluan, yaitu  uretra (tempat keluarnya kencing) pada pria dan leher rahim pada wanita. Bakteri ini juga bisa menyebabkan penyakit pada tenggorokan, atau pada mata. Pada infeksi yang lebih parah, bakteri dapat menyebar ke daerah lain.

PENYAKIT GONORE

 GEJALA gonore

Gejala penyakit gonore tergantung pada tempat terjadinya infeksi. Secara umum, gejala akan terasa 2-7 hari setelah terjadi infeksi.

Pada pria, gejala awal yang dirasakan biasanya rasa tidak enak pada uretra, dan saat buang air kecil uretra akan terasa makin sakit.Gejala lain gonore juga keluarnya nanah dario daerah penis. Bila penyakit makin menyebar ke atas, lubang penis akan tampak kemerahan dan membengkak. Penderita juga akan merasakan desakan besar untuk terus kencing (lebih sering kencing).

Pada wanita, gejala awal biasanya timbul setelah 7-21 hari terinfeksi bakteri ini. Gejala gonore pada wanita tidak selalu terlihat, atau bersifat ringan saja. Biasanya diagnosis akan diketahui pada wanita jika mitra seksualnya sudah tertular. Bila infeksi sudah parah maka akan timbul gejala desakan/keinginan untuk kencing yang lebih sering, keluar cairan dari vagina dan demam. Pada wanita, infeksi yang tidak ditangani secara sempurna akan menyebabkan infeksi menyebar lebih jauh ke organ kewanitaan yang lebih dalam. Awalnya infeksi hanya di leher rahim, kemudian dapat menyebar ke rahim, saluran telur, indung telur dan bahkan dapat menyebar hingga ke uretra dan rektum. Gejala infeksi gonore bila sudah menyebar hingga organ bagian yang lebih dalam seperti itu  adalah nyeri pinggang, atau dapat pula nyeri ketika melakukan hubungan seksual.

Infeksi gonore pada tenggorokan dapat terjadi pada saat melakukan hubungan seksual dengan mulut dengan seorang penderita gonore. Infeksi gonore pada tenggorokan jarang menimbulkan gejala, atau bila ada gejala maka timbul nyeri tenggorokan atau gangguan menelan.

Apabila cairan yang berasal dari infeksi tersebut mengenai mata maka dapat timbul infeksi pada mata yang disebut sebagai konjungtivitis gonore. Penyakit ini biasanya terjadi  pada bayi baru lahir yang ibunya menderita gonore selama proses persalinan. Gejala pada bayi tersebut adalah kedua kelopak mata bengkak, dan keluar nanah dari mata. Pada dewasa juga dapat terjadi hal seperti ini namun biasanya hanya mengenai satu mata saja. Jika infeksi ini tidak terobati maka dapat menimbulkan kebutaan.

 DIAGNOSA gonore

Diagnosa pasti infeksi gonore ditegakkan dari hasil pemeriksaan mikroskopik terhadap nanah yang muncul dari  penderita.

 PENCEGAHAN gonore

Pencegahan yang dapat dilakukan intinya adalah dengan seks yang sehat dan bersih, untuk menghindari penyakit ini antara lain adalah

-          Menggunakan kondom bila berhubungan seksual, terutama bila anda sedang menderita penyakit ini. Penggunaan kondom juga mencegah terjadinya penularan dari pasangan seksual anda.

-          Hindari kontak dengan orang yang beresiko terkena penyakit ini, misalnya para pekerja seks komersil.

-          Obati sedini mungkin bila timbul gejala. Pengobatan sebaiknya dilakukan secara bersama dengan pasangan seksual, dan pastikan pasangan seksual bebas dari penyakit sebelum melakukan hubungan seksual.

 PENANGANAN gonore

Pengobatan gonore adalah dengan menggunakan antibiotik.

Injeksi ceftriakson intramuskuler (IM) atau konsumsi antibiotik peroral (melalui mulut) cefixim selama seminggu adalah pengobatan yang paling sering dilakukan. Bila infeksi sudah menyebar melalui aliran darah, biasanya diberikan antibiotik intravena (langsung ke pembuluh darah) lewat infus.

 KOMPLIKASI gonore

Infeksi gonore ini dapat menyebar dari aliran darah ke sendi-sendi, kulit, bahkan jantung dan hati. Gejala infeksi gonore bila menyebar ke sendi adalah sendi terasa sangat nyeri, bengkak, dan gerakan sendi sangat terbatas. Infeksi yang menyebar ke kulit akan menimbulkan gejala munculnya bintik-bintik merah berisi nanah di kulit, demam dan rasa tidak enak badan, dapat disertai dengan nyeri di beberapa sendi yang berpindah-pindah nyerinya (sindroma artritis-dermatitis).

SHARE donk kakak...
tags: , , , , , , , , ,