Apa itu penyakit kaki tangan mulut atau hand foot mouth disease HFMD alias flu singapura

Drwox.com – Penyakit kaki tangan mulut atau dalam istilah kedokterannya hand foot mouth disease (HFMD) merupakan penyakit menular yang cukup sering kami temui. Biasanya tidak hanya satu anak saja yang terkena penyakit ini. Beberapa anak biasanya menderita penyakit yang sama, umumnya dalam satu lingkungan tertentu. Hal ini terjadi karena memang penyakit ini adalah penyakit yang menular dengan cepat. Untuk itulah jika ada beberapa anak terkena penyakit ini maka sebaiknya diobati semuanya.

Gambar penyakit kaki tangan mulut HFMD

Penyakit hand foot mouth disease disebabkan oleh virus RNA family picornaviridae, genus enterovirus. Jenis yang paling sering terjadi dalah coxsackie A16. Penyakit kaki tangan dan mulut ini sering disebut dengan flu singapura. Mengapa bisa disebut demikian? Hal ini karena pada tahun 2000 di singapura merebak wabah penyakit ini. Semua fasilitas umum tempat berkumpulnya anak-anak ditutup. Anak-anak tidak boleh keluar sebelum wabah ini berakhir. Pihak singapura melakukan ini setelah mendapat laporan bahwa terdapat 3 anak meninggal karena penyakit ini. Walaupun sebenarnya penyakit ini tidak mematikan, namun jika gejalanya tidak ditangani dengan segera maka akan timbul masalah lain yang dapat membahayakan.

Penyakit kaki tangan dan mulut umumnya menyerang anak-anak. Usia yang sering terkena antara 2 minggu sampai 5 tahun, namun tak jarang anak usia 10 tahun juga terkena. Orang dewasa kebal penyakit ini karena umumnya orang dewasa kebal terhadap enterovirus.

Penyakit ini merupakan penyakit yang sangat menular. Penularan terjadi karena kontak langsung dari anak ke anak lainnya. Bisa lewat air liur, droplet, cairan yang keluar dari tangan, dan tinja. Penyakit ini juga menular secara tidak langsung seperti dari mainan atau benda lain yang dipegang anak ke anak lainnya. Untuk itulah anak-anak yang sedang menderita penyakit ini sebaiknya dipisahkan untuk sementara waktu dengan anak sehat lainnya.

Tanda dan gejala penyakit kaki tangan mulut atau hand foot mouth disease

Penyakit ini awalnya mungkin hanya seperti flu biasa. Gejala awal yang muncul biasanya demam 2-3 hari, pusing, tenggorokan sakit, pilek dan anak tidak nafsu makan. Kemudian muncul bintil-bintil yang seperti berisi cairan (vesikel) di telapak kaki, telapak tangan, dan mulut. Bintil merah saja tanpa kelihatan seperti cairan juga kadang muncul (papula eritem). Benjolan dimulut mirip sariawan dan terasa perih, biasanya anak rewel karena hal ini. Jika tidak ada komplikasi seperti infeksi sekunder, dehidrasi, dan lemah berkepanjangan biasanya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Asalkan kondisi tubuh terjaga dengan baik. Namun ada baiknya jika gejala dan tanda muncul segera berkonsultasi ke dokter agar anak dapat lebih ditangani lebih dini, sehingga terhindar dari komplikasi.

Jika anda menemukan tanda atau gejala yang berbahaya sebaiknya anda segera menghubungi dokter untuk berkonsultasi. Tanda dan gejala tersebut diantaranya, demam yang sangat tinggi (lebih dari 39 derajat celcius), dan demamnya tidak mau turun walaupun sudah diberi obat turun panas, tidak mau makan, muntah diare, kehilangan banyak cairan (dehidrasi),  nyeri pada persendian yang berlebih, lemah, kesadaran menurun bahkan sampai kejang.

Komplikasi yang dapat terjadi, walaupun hal ini sangat jarang terjadi, antara lain gangguan jantung (miokarditis) dan infeksi selaput otak (meningitis).

Pengobatan penyakit kaki tangan mulut atau hand foot mouth disease

Jika dalam kondisi daya tahan yang baik biasanya penyakit ini dapat sembuh sendiri tanpa obat dalam waktu 7-10 hari. Penyakit ini disebabkan oleh virus jadi pengobatan yang spesifik tidak ada dalam literature. Prinsip pengobatan adalah mengatasi gejala dan mencegah terjadinya komplikasi. Pengobatan penyakit HFMD yang utama adalah istirahat, makan makanan dengan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memberikan obat anti nyeri dan demam seperti paracetamol, dan banyak minum untuk mencegah dehidrasi. Namun demikian saya sarankan agar anda tetap mengkonsultasikan kondisi anak yang terserang HFMD ke dokter agar mendapatkan pengobatan yang lebih baik dan lebih tepat.

Pencegahan penyakit kaki tangan mulut atau hand foot mouth disease

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah penyakit ini yang utama adalah meningkatkan kebersihan diri dan menjaga kondisi badan agar tetap fit. Namun jika sudah tertular, hal yang dilakukan agar tidak menyebar adalah dengan menghindari kontak langsung dengan anak yang sehat untuk sementara waktu demi kebaikan bersama.

Semoga bermanfaat. Semoga anak-anak kita terhindar dari penyakit hand foot mouth disease ini. Amiin.

Add Comment