Apa itu Schizophrenia?

Schizophrenia, mungkin anda belum terlalu familiar dengan kata tersebut, atau bahkan anda belum pernah mendengar sama sekali. Sekali anda menemukannya di dalam sebuah artikel atau bacaan lainnya mungkin anda akan bertanya, “apa ini?”. Nah, sekarang anda bisa mengetahui apa sebenarnya arti dari kata tersebut. Schizophrenia adalah sebuah keadaan dimana seseorang mulai kehilangan kesadaran, ditandai dengan halusinasi, mempercayai sesuatu yang salah, pikiran yang tidak biasa sehingga bisa mengganggu kontak sosial. Keadaan seperti ini sangat mungkin dialami oleh semua orang dan merupakan penyakit yang umum. Namun, penelitian menunjukkan hanya ada satu persen orang yang menderita penyakit ini dari jumlah orang di seluruh dunia, dan masih mungkin akan berubah entah berkurang atau malah bertambah.

Ada 6 gejala yang menandai sesorang mengalami schizophrenia, 6 tanda tersebut adalah schizophreniform atau gejala yang menyerupai schizophreni namun gejalanya hanya terjadi tidak lebih dari 6 bulan. Kemudian ada yang namanya psikosis singkat yang ditandai dengan kekacauan yang hanya terjadi dalam satu hari sampai satu bulan. Selanjutnya ada schizzoaffective yang ditandai dengan perasaan seperti depresi yang diikuti dengan polah keranjingan. Ada pula yang disebut schizitypal kekacauan watak yang gejalanya mirip dengan gejala schizophrenia namun lebih umum dan lebih ringan. Selanjutnya yaitu hebephrenik atau sering disebut schizophrenia tidak teratur dengan gejala berbicara ngawur, emosi yang datar dan tingkah laku yang aneh. Selain itu ada schizophrenia catatonic yang diiringi gejala fisik yang aneh, kadang-kadang tubuh tidak bergerak, kadang bergerak berlebihan dan membentuk postur tubuh yang aneh. Dan yang terakhir adalah schizophrenia yang tidak dapat digolongkan karena semua gejala yang ada di setiap kelompok diatas ada di dalam schizophrenia yang satu ini.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab schizophrenia, namun diduga penyakit ini disebabkan oleh kelainan secara bilogis. Genetik mungkin berpangaruh terhadap munculnya penyakit ini, kondisi biologis yang lemah juga bisa menyebabkan penyakit ini. Adanya masalah dalam proses kelahiran atau sebelum atau setelah kelahiran, virus otak pun diduga berkaitan dengan adanya penyakit yang satu ini. Kesulitan untuk mencerna informasi membuat orang yang menderita schizophrenia menjadi susah bergaul.Apa itu Schizophrenia sakit jiwa halusinasi

Add Comment