Apa Saja Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Drwox.com – Siapa yang tidak mengenal rempah obat yang satu ini, iya jahe. Jahe banyak digunakan dalam campuran makanan maupun minuman. Selain itu, jahe juga digunakan untuk beberapa jenis produk kecantikan dan terapi kesehatan. Jahe merupakan salah satu rempah obat yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Namun, tidak semua orang mengetahui apa saja manfaat jahe untuk kesehatan. Berikut ini kami rangkumkan apa saja manfaat jahe bagi kesehatan dan bagaimana cara pengolahan jahe untuk pengobatan tradisional.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan keluarga

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Jahe atau disebut juga dengan Zingiber officinale memiliki beberapa manfaat yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat secara luas. Manfaat dari jahe untuk kesehatan adalah untuk menyembuhkan sakit kepala sebelah atau migren, mencegah kerusakan gigi, mengobati periodontitis, dan menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Jahe memang terkenal sejak dulu memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Untuk menyembuhkan sakit kepala sebelah atau migren yang mudah sekali kambuh, Anda cukup meracik sebuah ramuan sederhana berbahan dasar jahe dan gula aren atau madu. Caranya adalah dengan membakar sedikitnya 3 rimpang jahe kemudian memarkan dan rebus dengan 1 gelas air. Tambahkan madu atau gula aren dalam air rebusan. Saring dan minum sampai habis. Untuk mencegah kerusakan pada gigi yang disebabkan oleh kuman dan karang gigi, Anda bisa menggunakan ramuan dari jahe. Caranya adalah dengan merebus jahe secukupnya dengan air. Setelah air mendidih dan menyusut, saring air rebusan jahe dan gunakan untuk berkumur pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Sedangkan untuk mengobati periodontitis atau penyakit peradangan saraf gigi Anda cukup merebus jahe dengan tambahan sedikit garam. Gunakan untuk berkumur pada pagi dan malam hari secara teratur. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda bisa meracik ramuan jahe dengan kombinasi air dan garam. Kemudian rendam kaki Anda ke dalam air hasil rebusan jahe dan garam selama 15 menit. Dengan begitu hormone adrenalin akan terlepas dan pembuluh darah akan melebar sehingga tekanan darah menjadi normal kembali.

 Jahe dikenal memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan karena jahe mengandung beberapa senyawa seperti antioksidan, gingerol, minyak atsiri, dan beberapa senyawa bermanfaat lainnya. Konsumsi jahe secara teratur juga dapat membantu kinerja alat-alat pencernaan karena jahe mengandung enzim-enzim yang membantu pencernaan. Jahe juga dipercaya dapat membantu meredakan nyeri saat menstruasi. Tepatnya jika wedang jahe dicampur dengan madu saat meminumnya. Selain segar campuran jahe dan madu juga bermanfaat untuk vitalitas tubuh. Hal yang sama juga bisa dilakukan ketika ibu hamil mengalami mual, terutama di saat pagi hari.

 Jahe dipercaya sangat bermanfaat dalam membantu mengurangi proses peradangan. Jika anda merasa gatal pada tenggorokan anda, mungkin itu tanda awal radang tenggorokan. Minum jahe hangat sehari sekali tiap sore dapat meredakan keluhan tersebut. Tips ini sering saya lakukan tatkala merasa akan terjangkit flu dan batuk. Alhamdulillah cara ini dapat membantu melegakan tenggorokan saya. Bahakan tidak jarang flu dan batuk tidak jadi hinggap berlama-lama. Jangan buru-buu makan obat ya, apalagi langsung minum antibiotik tanpa resep dokter.

Add Comment