Apa saja penyebab nyeri perut

Drwox.com – Nyeri perut merupakan keluhan yang sering kami temui. Sebenarnya apa saja penyebab nyeri perut ini. Sebenarnya banyak sekali penyebab timbulnya nyeri perut, ada yang ringan juga ada yang berbahaya jika tidak segera dilakukan tindakan medis. Nyeri yang terjadi di area perut berbeda-beda dalam hal intensitasnya, kualitas, lokasi, serta durasinya. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama lokasi organ dan derajat keparahan penyakit.

Nyeri perut sering terjadi akibat adanya kelainan di oragan dalam perut seperti lambung, usus, hati, pankreas, limpa, kandung kemih, ginjal, dan organ reproduksi khususnya wanita. Nyeri perut juga dapat disebabkan oleh dinding perut dan peritoneum. Peritoneum terbagi 2, yaitu yang melapisi organ dalam perut dan yang melapisi dinding perut. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan ulasan singkat beberapa kasus yang sering mengakibatkan keluhan nyeri perut.

Apa saja penyebab nyeri perut

nyeri perut… ouch…

Maag atau gastritis

Nyeri perut ini paling sering ditemui. Nyeri biasanya dirasakan di perut bagian atas. Kadang kala nyerinya bisa naik. Nyeri biasanya dirasakan saat telat makan atau setelah makan makanan yang pedas dan kecut/masam. Dalam keadaan yang lebih parah biasanya disebut ulkus gaster/lambung. Jika didiamkan dan diperparah oleh suatu hal maka bisa fatal, yaitu mengakibatkan lambung luka bahkan berlubang. Nah hati-hati ya, jangan anggap remeh suatu penyakit. Segera konsultasikan ke dokter. Biasanya nyeri jenis ini akan mereda saat dokter memberikan obat sejenis antacid.

Appendicitis atau usus buntu

Nyeri perut yang diakibatkan oleh appendicitis akut biasanya sangat terasa nyeri. Bahkan kadang pasien teriak-teriak, bergerak sedikit saja akan nyeri. Jika berjalan juga nyeri, bahkan juga pasien samapi terbungkuk jalannya karena menahan nyeri. Nyeri jenis ini susah reda dengan obat-obatan nyeri yang biasa. Nyeri yang khas dirasakan di perut kanan bawah. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik yang khusus untuk usus buntu ini jika dokter curiga ke arah sana. Jika positif dan bersifat perlu penanganan segera, dokter akan merujuk ke bagian bedah untuk memastikannya. Setelah dipastikan, segera harus dilakukan tindakan medis, jika perlu maka dilakukan operasi. Sebenarnya apa penyebab apendisitis ini. Tentu saja penyebabnya radang atau juga infeksi di apendiks. Sebuah saluran di usus, yang mana para ahli masih mempelajari fungsi sejati dari organ ini. Apa pemicunya? Ada yang bilang sering makan biji-bijian, tapi yang paling baru yang saya ketahui adalah feses. Feses mengeras, masuk ke apendiks, bisa mengakibatkan radang, juga infeksi. Jadi kawan, nasihat saya jangan sering menahan buang air besar ya. Dan perbanyak makan sayur dan buah.

Usus

Untuk nyeri yang diakibatkan gangguan usus biasanya disertai dengan gejala diare, mual, muntah, atau juga buang air besarnya bercambur darah. Hal ini bisa jadi adalah tanda infeksi. Perut mual dan mulas adalah gejala yang paling sering terjadi. Jika terjadi pada anak biasanya anak sering rewel. Karena nyeri terasa hilang timbul. Untuk memastikan hal ini biasanya selain melakukan pemeriksaan fisik, dokter juga akan melakukan pemeriksaan laboratorium terutama feses rutin (pemeriksaan untuk meneliti tinja).

Hati-hati juga dengan kemungkinan tumor atau kanker usus. Saat saya berpraktek saya pernah menemui remaja dengan curiga tumor. Akhirnya saya rujuk dan benar pasien mengalami tumor. Riwayat pasien adalah sering mengkonsumsi mie instan. Bahkan kata orangtuanya pasien tidak mau makan jika tidak memakai mie instan. Nah wajib waspada ya, terutama anak kos nih. 😉

Ginjal

Nyeri perut kok ada hubungannya dengan ginjal? Ya pada beberapa pasien dengan keluhan nyeri pinggang dengan riwayat infeksi saluran kemih atau juga ginjal, kadang juga mengalami nyeri di bagian perut terutama perut bagian samping.

Organ reproduksi wanita

Nyeri perut yang tidak kunjung sembuh dan disertai gangguan menstruasi atau perdarahan patut dicurigai berasal dari organ reproduksi wanita. Nyeri kadang dirasakan di perut bagian bawah, namun juga bisa di area perut samping. Segera lakukan pemerikasaan ke dokter. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan seperti USG dan rontgen untuk memastikan diagnosis.

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih juga kadang mengakibatkan keluhan nyeri perut juga. Infeksi saluran kemih bisa mulai dari ginjal, saluran antara ginjal dengan kandung kemih, juga kandung kemih. Nyeri biasanya dirasakan di perut bagian bawah. Nyeri ini sering disertai keluhan buang air kecil. Seperti terasa panas sewaktu buang air kecil atau sering merasa ingin buang air kecil (anyang-anyangan).

Peritonitis

Peritonitis adalah radang atau juga bisa infeksi yang terjadi di peritoneum. Banyak hal yang bisa mengakibatkan nyeri ini. Yang pernah kami temui biasanya karena sakit lambung yang kronis sehingga mengakibatkan lambung bocor, kemudian juga bisa karena usus buntu yang parah. Nyeri yang dirasakan akibat peritonitis ini sangat nyeri sekali, bahkan saat dipegang perutnya sedikit saja akan sangat terasa nyeri. Seorang dokter akan mengetahui penyebab nyeri ini setelah melakukan pemeriksaan fisik. Tanda yang sangat khas biasanya akan ditemui oleh dokter.

Nah, semoga hal di atas berguna bagi anda semua. Siapapun anda, jangan pernha meremehkan nyeri perut ini. Segera konsultasikan ke dokter untuk mnegetahui penyebab utama nyeri perut anda.

Add Comment