Bagaimana cara mencegah serangan jantung

Drwox.com – Serangan jantung merupakan penyebab kematian mendadak yang sering terjadi. Kematian sering terjadi pada jam-jam  pertama setelah serangan. Apa sebenarnya serangan jantung ini ? Serangan jantung dalam dunia kedokteran dikenal dengan miokard infark. Hal ini muncul dikarenakan oleh otot  jantung yang rusak atau tidak mendapat cukup pasokan oksigen. Banyak masalah jantung terjadi karena terdapat penyumbatan di pembuluh darah besar yang mengangkut darah bersih (darah yang mengandung banyak oksigen dan nutrisi) dari jantung ke organ lain di seluruh tubuh. Penumbatan ini biasanya diebabkan karena kolesterol yang tinggi dalam darah.

Kadang-kadang gejala serangan jantung yaitu nyeri dada hampir mirip dengan gejala penyakit lain, untuk perbedaannya silakan buka artikel tentang penyebab nyeri dada.

cara mencegah serangan jantung

Lalu bagaimana gejala serangan jantung ?

Gejala yang paling sering muncul adalah nyeri dada yang hebat. Nyeri dada ini terasa seperti dada ditimpa batu besar yang sangat berat. Kadang nyeri juga menjalar sampai ke lengan kiri. Gejala yang menyertai lainnya adalah sesak nafas, berkeringat banyak, mual, muntah dan kadang pasien datang ke unit gawat darurat dalam keadaan gelisah. Jika anda atau orang  yang di dekat anda mengalami hal yang demikian maka sebaiknya anda segera menghubungi atau datang ke unit gawat darurat terdekat. Dalam beberapa kasus, termasuk kasus kematian mendadak artis Indonesia, serangan biasanya diawali aktifitas fisik yang berat yang tidak biasa dia lakukan setiap hari. Namun yang paling sering kami temui adalah serangan tersebut muncul secara tiba-tiba.

 Siapakah yang beresiko terkena serangan jantung?

Serangan jantung sering terjadi pada kalangan perokok, penderita diabetes yang tidak terkontrol, penyakit tekanan darah tinggi yang tidak termonitor, kolesterol tinggi, obesitas, suka mengkonsumsi fastfood, dan kurang olahraga.

Oke, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat mencegah serangan jantung :

  • Berhentilah merokok, termasuk hindarilah asap rokok. Karena perokok pasif ternyata lebih beresiko tinggi.
  • Pastikan gula darah dan tekanan darah anda terkontrol dengan baik. Penderita diabetes dan hipertensi harus lebih waspada.
  • Makanlah makan sehat. Kurangi garam, daging merah, dan lemak. Serta makanlah makanan yang banyak mengandung antioksidan tinggi.
  • Hindarilah obesitas. Lakukanlah berbagai cara untuk menurunkan berat badan anda.
  • Lakukan olahraga ringan minimal 30 menit setiap hari. Jogging adalah pilihan yang tepat untuk anda.
  • Lakukan gaya hidup sehat. Hindarilah alkohol dan obat-obtan terlarang.
  • Latihan pernafasan dan relaksasi dapat membantu mengoptimalkan organ penting tubuh anda, terutama jantung dan paru-paru.
  • Selalu cek up kesehatan anda secara rutin ke dokter. Terutama bagi anda yang berusia lebih dari 40 tahun.

Serangan jantung merupakan pembawa kematian mendadak yang paling ditakuti. Serangan jantung dapat dicegah dengan cara-cara tersebut di atas. Seimbangkan tubuh anda anatara bekerja dan menjaga kesehatan. Bila kesehatan anda baik pekerjaan anda akan lebih optimal dan dapat mencapai sukses dengan baik.

Semoga kita semua terhindar dari serangan jantung. Amiin. Jangan lupa share artikel ini kepada setiap orang yang anda sayangi. 😉

Add Comment