Bagaimana Mengolah Temulawak untuk Kesehatan

Monday, January 21st 2013. | Kesehatan

Drwox.com – Temulawak atau dalam bahasa latin disebut Curcuma xanthorriza adalah sejenis rempah obat tradisional yang terkenal di Indonesia. Sejak jaman dulu, orang-orang Indonesia telah menggunakan temulawak sebagai bagian dari pengobatan alternatif. Temulawak memang memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Ada beragam jenis penyakit yang dapat diobati dengan ramuan dari temulawak.

gambar Bagaimana Mengolah Temulawak untuk Kesehatan

manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Khasiat temulawak untuk kesehatan cukup beragam, salah satunya adalah untuk mengobati hepatitis. Cara mengolah temulawak untuk mengobati sakit peradangan hati ini adalah dengan cara merebus dua ruas temulawak seukuran jari dewasa dengan setengah liter air dan tambahan gula aren. Jika air rebusan sudah tersisa setengahnya, kemudian saring dan minum airnya dua kali dalam sehari hingga sembuh. Selain untuk mengobati penyakit hepatitis, temulawak juga memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, meredakan nyeri haid, meningkatkan nafsu makan khususnya pada anak-anak, menyembuhkan sembelit, dan menghilangkan jerawat dari dalam. Untuk menurunkan kadar kolesterol temulawak cukup diolah dengan cara dikeringkan kemudian ditumbuh dan diseduh dengan air panas 1 gelas. Setelah berubah warna menjadi lebih pekat, air seduhan dapat disaring dan kemudian diminum langsung dengan dosis 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Untuk meredakan nyeri haid pada wanita yang juga dikenal dengan istilah dismenore, temulawak dapat dikonsumsi dengan cara direbus dengan 1 gelas air untuk 1 rimpang temulawak. Kemudian tambahkan gula aren. Setelah mendidih, masukkan asam kawak ke dalam rebusan dan saring airnya kemudian diminum secara teratur. Sedangkan untuk meningkatkan nafsu makan pada anak-anak, temulawak diolah bersama dengan beberapa rempah obat lainnya. Caranya adalah dengan merebus 2 rimpang temulawak dengan seperempat rimpang lengkuas dan setengah genggam daun meniran dalam 3 gelas air. Setelah air rebusan tersisa 2/3nya, saring dan minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas. Untuk menyembuhkan sembelit cukup dengan menggiling 1 rimpang temulawak bersama biji sesawi, kemudian tambahkan air mendidih dan saring. Minum air saringannya satu kali sehari. Untuk menyembuhkan jerawat dari dalam, buatlah ramuan rebusan 1 rimpang temulawak yang telah diiris-iris dengan 4 gelas air. Setelah mendidih dan air menyusut, saring airnya kemudian tambahkan madu. Minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas saja.

 Begitu banyak khasiat yang dimiliki oleh temulawak, khususnya untuk menyembuhkan penyakit. Hal ini dikarenakan temulawak memiliki kandungan zat-zat yang bermanfaat seperti minyak atsiri, glukosida, fellandrean, kurkumin, dan masih banyak lagi. Khasiat temulawak untuk kesehatan juga telah dibuktikan melalui beberapa penelitian dan riset. Temulawak ini juga sering diresepkan oleh dokter, termasuk kami pribadi. Temulawak atau curcuma memang terbukti secara ilmiah dalam mengatasi gangguan fungsi hati. Secara klinis pasien mengalami perbaikan fungsi hati saat mengkonsumsi curcuma. Sekarang ini temulawak sudah ada yang berbentuk kapsul, jadi lebih praktis dalam mengkonsumsinya.

SHARE donk kakak...
tags: , , , ,