Agar Terhindar Bahaya Keputihan Pada Wanita, Berikut Beberapa Pencegahan Yang Bisa Anda Lakukan

drwox.com – Keputihan adalah masalah yang umum dialami oleh sebagian besar wanita. Walaupun begitu, keputihan tidak bisa anggap sepele dan cenderung berbahaya. Bahaya keputihan pada wanita bisa anda ketahui, bila keputihan yang anda alami tidak normal dan cenderung berubah warna dan juga berbau. Dan apabila anda mengalami hal tersebut, ada baiknya anda segera lakukan penanganan sedini mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bahaya keputihan pada wanita yang tidak segera teratasi biasanya menyebabkan gatal.Dan bila keputihan yang dialami sudah sangat parah bisa menyebabkan kemandulan. Bahkan ada beberapa kasus, bahaya keputihan pada wanita ini menyebabkan penderitanya mengalami kematian.

Agar terhindar dari bahaya keputihan pada wanita, ada baiknya anda melakukan pencegahan sedini mungkin. Cara mencegah keputihan yang bisa anda lakukan seperti:

  • Selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan.
  • Hindari menggunakan bubuk atau cairan, yang dapat membuat organ kewanitaan anda menjadi kering. Walaupun bisa membuat organ kewanitaan menjadi harum dan juga kering, ini juga bisa menyebabkan tumbuhnya jamur penyebab keputihan.
  • Gunakanlah celana yang berbahan katun dan juga tidak ketat. Ini untuk menghindari organ kewanitaan anda menjadi lembab, juga agar sirkulasi udara menjadi lebih lancar.

Bahaya Keputihan Pada Wanita

  • Gantilah celana dalam minimal 3 kali sehari.
  • Tidak menggunakan pantyliner dalam jangka waktu yang lama.
  • Menghindari stress yang berlebih, karena ini juga menjadi salah satu penyebab umum keputihan pada wanita.
  • Selalu mandi setelah melakukan aktifitas, apalagi bila aktifitas yang anda lakukan adalah aktifitas yang berat dan mengeluarkan banyak keringat.
  • Hindari mengkonsumsi obat-obatan dalam waktu lama, seperti antibiotic maupun pil KB.

Dan bila anda mengalami keputihan, ada baiknya anda juga mengetahui cara mengatasinya. Hal yang harus anda lakukan selain beberapa hal di atas adalah memeriksakan ke dokter terdekat. Keputihan bisa jadi hanyalah penyakit biasa saja namun juga bisa pertanda penyakit yang serius. Deteksi awal dan pengobatan yang tepat adalah kuncinya. Segera periksakan kondisi kesehatan anda jika keputihan berlangsung lama, dan mengeluarkan bau yang tidak sedap (amis). Lakukan pengobatan yang direkomendasikan dokter untuk anda. Sebaiknya hindari berhubungan intim dahulu jika keputihan sedang aktif.

Demikian informasi tentang bahaya keputihan pada wanita. Juga tentang bagaimana cara pencegahan serta mengatasinya. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda.

 

Add Comment