Beberapa Cara Mengobati Telinga Yang Berair

Telinga berair merupakan masalah organ pendengaran yang mesti diatasi segera mungkin. Dalam istilah medis cairan yang keluar dari telinga kerap disebut sebagai Ottorea. Ottorea ini merupakan cairan yang keluar dari telinga yang disebabkan beberapa hal. Cairan yang keluar dari telinga bisa jadi karena telinga sedang melakukan pembersihan secara alami. atau juga bisa disebabkan karena infeksi virus dan bakteri. Bakteri ini akan menyebabkan cairan yang berlebih.

Jika telinga berair karena bakteri tidak lekas diobati, maka akan mengakibatkan infeksi serius karena bakteri yang berkembang. Untuk mengatasinya anda memerlukan bantuan medis yang tepat agar infeksi bakteri bisa ditangani. Namun sebelum melakukan hal tersebut, anda bisa mencoba beberapa cara mudah mengatasi telinga berair. Cara ini efektif sebagai pertolongan pertama. Dibawah ini beberapa cara mudah mengobati telinga berair yang bisa anda coba.

Cara Mengobati Telinga Yang Berair

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun selain bisa menjadi zat pelumas juga bermanfaat mengatasi telinga berair secara efektif. Didalam minyak zaitun terdapat vitamin E yang bermanfaat mengurangi infeksi. Campurkan dengan bunga mullein dan diamkan semalaman. Campuran ini bisa anda teteskan ke bagian telinga yang berair. Namun teteskan sedikit saja jangan terlalu berlebihan agar tidak mengganggu organ pendengaran anda.

  1. Bawang putih

Bawang putih efektif menetralisir bakteri penyebab telinga berair. Gunakan bawang putih dengan mengambil ekstrak minyaknya. Caranya rebus hingga lunak kemudian teteskan minyak bawang putih dengan kapas. Letakan di telinga berair anda. lakukan cara ini secara rutin khususnya menjelang tidur.

  1. Menggunakan kapas

Basahi kapas dengan air dan peras kapas sehingga menghasilkan kondisi kapas yang lembab. Gunakan kapas lembab ini untuk membersihkan telinga secara perlahan-lahan. Jangan sampai melukai gendang telinga anda ketika membersihkan telinga dengan kapas lembab. Lakukan secara perlahan untuk membersihkan sisa kotoran penyebab telinga berair. Bersihkan telinga setelah diolesi kapas lembab.

  1. Menggunakan cotton bud

Cotton bud sebenarnya tidak terlalu disarankan untuk membersihkan telinga. Namun untuk kasus telinga berair anda bisa menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Namun jangan sampai mengorek telinga lebih dalam karena akan menyebabkan peradangan dan infeksi. Lakukan secara perlahan hingga kotoran penyebab telinga berair bisa terangkat.

  1. Jangan mengorek telinga

Cara diatas efektif mengobati telinga berair secara alami. namun yang perlu diperhatikan jangan mengorek-ngorek telinga karena akan menyebabkan telinga mudah infeksi. Segera konsultasi ke dokter jika kondisi semakin parah. Gunakan kapas, cotton bud dan berbagai bahan alami lain hanya untuk membersihkan telinga bukan untuk mengorek telinga.

Demikianlah beberapa cara mengatasi telinga berair secara mudah. sebelum membawa ke dokter jika terlalu parah, anda bisa mengatasi telinga berair tersebut dengan beberapa pertolongan pertama diatas. Semoga bermanfaat.

Add Comment