Belum ada ide

inspirasi ideAda kalanya saat ingin memulai sesuatu, seperti menulis blog, artikel, atau apapun itu, hal yang paling sulit adalah memulainya. Parahnya belum memulai apapun idenya juga gak ada! So, what should we do? hayah, sok enggris,

okelah berikut ini beberapa cara menemukan ide,

simple bos? ingin menulis ya membacalah… cari bacaan yang menarik bagi anda, bacaan bisa lewat buku, lewat blog pribadi orang, lewat website berita, bahkan bisa dapet ide dari website belanja.

Membaca, apapun itu sangat penting. Bagi saya pribadi setiap hari saya selalu membaca. Setiap bulan saya rutinkan untuk pergi ke toko buku bersama istri dan anak untuk sekedar membeli satu atau dua buku. [walaupun buku bulan kemaren belum terbaca tuntas,hehe]

oke, setelah bosan membaca, mencari ide selanjutnya adalah jalan-jalan, nonton, makan di luar rumah. Hal tersebut mungkin akan memberikan ide untuk anda.

oke, yang ketiga, jika anda sudah tak dapat ide lagi coba untuk lihat ide orang lain, hehe. Bukan mencuri ide lho, tapi sekedar mencari inspirasi ide dari orang lain. Kadang pengalaman orang lain dapat memberikan ide segar buat kita.

Siap, setelah dapat ide lalu ngapain? jangan lama-lama ide disimpan dalam otak, dijamin menguap, alias lupa. Setelah dapat ide lalu TULISKANLAH. Tulis aja, tidak usah ragu, tulis huruf demi huruf, kata demi kata, kalimat demi kalimat, eh tahu-tahu sudah jadi paragraf.

Seperti saat menulis artikel ini, sebenarnya saya tak berniat menulis terlalu banyak, eh lalu timbul ide, jadi saya lanjutkan untuk melanjutkan penulisan artikel ini.

2 Comments

  1. hery dwi santoso August 12, 2012
    • drwox August 17, 2012

Add Comment