Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi ? Inilah Jawabannya

drwox.com – Saat wanita sedang hamil, segala sesuatunya harus lebih berhati-hati, termasuk dalam hal ini adalah makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari, baik oleh pria ataupun oleh wanita. Lalu, bolehkah ibu hamil minum kopi?

Berdasarkan beberapa riset yang telah dilakukan, memang ibu hamil dianjurkan untuk menghindari konsumsi kafein terlalu banyak. Kopi merupakan salah satu minuman dengan kandungan kafein yang cukup tinggi, jadi saat sedang hamil, lebih baik mengurangi konsumsi kopi.

Ada beberapa kemungkinan buruk akan terjadi jika saat sedang hamil anda mengonsumsi kopi dalam jumlah yang terlalu banyak. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

  • Keguguran

Berdasarkan penelitian, ibu hamil yang mengonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak setiap harinya, memiliki kemungkinan keguguran lebih tinggi dibandingkan  dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Sebuah studi juga menyebutkan, bahwa wanita hamil yang mengonsumsi kopi 200 mg atau lebih dalam sehari, memiliki resiko keguguran 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak minum kopi selama masa kehamilan. Jika sudah menggemari kopi, memang akan terasa cukup sulit untuk berhenti mengonsumsinya, akan tetapi untuk kepentingan janin di dalam kandungan anda, ada baiknya anda mengurangi atau menghentikan konsumsi kopi selama masa kehamilan.

bolehkah ibu hamil minum kopi

  • Kematian bayi pasca dilahirkan

Sebuah study yang dilakukan di Denmark menyebutkan bahwa kemungkinan negatif konsumsi kopi saat hamil tidak hanya bisa menyebabkan keguguran. Pada beberapa kasus, ibu hamil yang mengonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak, bisa menjaga kandungannya hingga melahirkan, namun bayi yang dilahirkan tidak bisa bertahan lama. Meninggal setelah dilahirkan.

Dari study ini juga menyebutkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi kopi dalam jumlah yang cukup banyak, memiliki kemungkinan kematian bayi pasca dilahirkan dua kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

  • Bayi terjaga lebih lama pasca dilahirkan

Resiko selanjutnya adalah bayi yang telah terlahir lebih sulit untuk ditidurkan, biasanya terjaga lebih lama.Hal ini bisa membuat si bayi rewel dan kemudian mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis. Namun keadaan ini biasanya tidak sampai berbulan-bulan, setidaknya seminggu setelah dilahirkan.Asalkan selama masa menyusui, anda juga mengurangi konsumsi kopi.

  • Pernafasan bayi lebih cepat

Kemudian bayi yang terlahir dengan ibunya yang banyak mengonsumsi kopi selama masa kehamilan, biasanya bayi akan terlahir dengan nafas dan detak jantung yang cepat. Tentu saja ini bukan hal yang baik untuk kelahiran seorang bayi.

Jika kembali pada pertanyaan bolehkan ibu hamil minum kopi? Tentu saja boleh, asalkan tidak terlalu banyak. Akan tetapi akan lebih baik jika anda tidak meminum kopi selama masa kehamilan. Hal ini akan meminimalisir terjadinya dampak buruk pada janin yang sedang anda kandung. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda.

Add Comment