Cara Alami Mengatasi Perut Bayi Yang Kembung

Saat bayi sedang kembung kerap membuatnya rewel, karena rasa tidak nyaman pada perutnya. Bayi yang kembung biasanya di picu karena udara dingin, makanan yang ia makan, dan lain sebagainya. Perut kembung pada bayi membuat bayi merasa begah dan membuatnya tidak nyaman saat bergerak dan bernapas. Bayi yang sedang kembung akan mengurangi nafsu makannya, dengan begitu bayi akan kekurangan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Untuk itu saat bayi kembung, ibu harus segera mencari solusi mengatasi bayi kembung. Berikut adalah diantaranya :

– Saat si bayi kembung,biarkanlah ia bergerak bebas namun masih dalam pengawasan. Bayi yang dibiarkan bergerak bebas saat kembung akan mempercepat pergerakan organ pencernaannya. Sehingga gas yang ada di lambung atau di perutnya dapat dikeluarkan melalui sendawa atau buang angin.

– Oleskan minyak telon atau minyak kayu putih ke perut bayi yang kembung. Akan tetapi harus diingat, jangan sembarangan memilih produk minyak telon dan minyak kayu putih. Karena panas yang ditimbulkan dari produk tersebut beda-beda setiap mereknya. Untuk itu pilih yang panasnya pas dan tidak akan membuat kulit si bayi kepanasan.Cara Alami Mengatasi Perut Bayi Yang Kembung

– Lakukan pijatan-pijatan yang ringan ke perut bayi ibu yang kembung. Pijatan tersebut berguna untuk mengatasi bayi kembung. Biasanya saat ibu melakukan pijatan gas yang ada dalam perut yang menyebabkan ia kembung akan keluar dengan sendawa atau juga buang angin.

– Kadang kala perut kembung pada bayi disebabkan oleh susu formula yang ia minum. Oleh sebab itu, sebaiknya ibu lebih berhati-hati karena ada beberapa susu formula yang dapat menyebabkan perut bayi kembung saat ia meminumnya.

– Meminumkan air hangat ke bayi dua sampai empat sendok juga dapat membantu mengurangi rasa begah karena kembungnya. Lakukan caramengatasi bayi kembung ini dua kali sehari, agar perut kembung pada bayi cepat hilang.

? Gunakan pakaian hangat pada bayi agar ia tetap hangat dan gas yang ada di perutnya cepat keluar, karena suhu tubuh yang hangat akan lebih mudah mengeluarkan gas dalam perutnya melalui buang angin atau sendawa.

– Ibu juga dapat mengatasi bayi kembung dengan menggunakan botol yang diberi air hangat, kemudian ditempelkan ke perut bayi yang kembung. Tujuannya agar perut bayi menjadi hangat sehingga gas yang ada diperutnya cepat keluar.

– Perapian. Dari zaman dahulu perapian digunakan orang untuk menghangatkan badannya. Khususnya orang-orang yang berada di dataran Eropa dari dahulu hingga sekarang hampir setiap rumah mempunyai perapian. Jika di rumah ibu memiliki perapian, hidupkan perapian dan gendong anak ibu ke dekat perapian, agar badan bayi menjadi hangat sehingga perut kembung nya cepat reda.

Semoga informasi cara mengatasi bayi kembung di atas dapat bermanfaat. Semoga dengan cara-cara tersebut, masalah perut kembung pada bayi anda bisa segera sembuh.Selamat mencoba.

Add Comment