Cara Aman Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Obat

Cara Aman Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Obat –Sulit tidur kerap dianggap persoalan sepele. Padahal jika tidak segera diatasi akan menyebabkan terganggunya metabolisme dan proses regenerasi sel tubuh anda. sulit tidur atau insomnia juga bisa menjadi penyebab berbagai penyakit berbahaya. Maka dari itu penting sekali mengatasi gangguan ini sebelum terlalu parah. Sulit tidur bisa terjadi lantaran stress atau efek samping obat tertentu. Untuk mengatasinya anda wajib mengenali penyebabnya terlebih dulu kemudian melakukan cara yang tepat sehingga pengobatan sulit tidur lebih efektif.

Sebagian besar insomnia terjadi karena kondisi pikiran yang terlampau stress. Stress menyebabkan otak terus bekerja sehingga ia tidak memiliki kesempatan untuk istirahat. Jika terus terjadi kemungkinan depresi tidak bisa terhindarkan. Banyak yang mengatasi sulit tidur dengan cara instan yaitu menggunakan obat tidur. cara ini memang efektif namun jika terus dilakukan akan menyebabkan anda ketergantungan dan menyebabkan efek samping lain yang berbahaya bagi tubuh. Berikut beberapa cara efektif mengatasi sulit tidur tanpa obat yang bisa anda coba.

Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Obat

  1. Kurangi kafein

Kafein akan membuat tubuh semakin sulit beristirahat karena didalam kafein terdapat zat yang merangsang kinerja otak. Kurangi konsumsi minuman dan makanan kaya kafein seperti kopi. Untuk alternatif minumannya, anda bisa beralih ke susu atau teh herbal yang akan membuat tubuh lebih rileks. Dengan mengurangi konsumsi kafein anda bisa mencegah proses interfensi proses mengantuk yang disebabkan asupan kafein.

  1. Merubah pola tidur

Mengatasi sulit tidur bisa dilakukan dengan merubah kebiasaan pola tidur. kesehatan tidur bisa anda dapatkan dengan menjaga pola tidur setiap harinya. Hindari tidur terlalu malam agar tubuh bisa segar ketika bangun. Jika jadwal tidur bisa sudah anda lakukan setiap malam, maka anda akan merasakan kantuk secara otomatis pada jam tersebut. buatlah jadwal tidur dan persiapkan diri untuk tidur ketika mendekati jadwal tersebut.

  1. Yoga

Banyak penelitian yang menghasilkan kesimpula insomnia bisa diatasi dengan latihan yoga secara rutin. Latihan pernafasan dan meditasi akan menjadikan kualitas tidur seseorang lebih baik. selain yoga, jenis olahraga lain juga baik untuk melatih pernafasan dan meningkatkan kualitas tidur anda. lakukan olahraga yoga secara teratur agar kualitas tidur lebih meningkat.

  1. Rilekskan pikiran

Salah satu faktor utama penyebab insomnia adalah stress. Maka sebaiknya rilekskan pikiran anda terlebih dulu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Hindari terlalu memikirkan hal yang membuat anda semakin stress. Untuk merilekskan pikiran, anda bisa mendengarkan musik, mengkonsumsi teh herbal, atau membaca buku yang menghibur. Dengan pikiran tenang anda bisa beristirahat lebih berkualitas.

Demikian beberapa cara mengatasi insomnia yang aman tanpa obat. Selain itu pastikan kondisi kamar mendukung untuk istirahat dan tidak memiliki cahaya lampu yang terlalu terang. Semoga bermanfaat.

Add Comment