Cara atau tips untuk mencegah jerawat agar tidak mudah datang

Drwox.com – Jerawat adalah masalah kesehatan yang umum dialami oleh seseorang. Jerawat kadang juga dianggap sebagai penanda mulai dewasanya seseorang. Jerawat merupakan sebuah kondisi pori-pori kulit yang tersumbat oleh karena kelenjar minyak yang terlalu aktif. Jerawat biasanya muncul pada masa peralihan remaja ke dewasa, pubertas, dan kadang berlanjut saat dia dewasa. Walaupun umum terjadi namun banyak orang menjadi stress gara-gara memikirkan jerawatnya yang tak kunjung sembuh atau muncul terus menerus.

Cara mencegah jerawat

Sebenarnya susah sekali menemukan obat atau terapi yang benar-benar menyembuhkan secara sempurna munculnya jerawat ini. Hal ini dipengaruhi berbagai faktor. Namun yang bisa kita lakukan secara maksimal adalah mencegahnya agar jerawat tidak muncul. Cegahlah jerwat agar tidak muncul atau minimal mencegah timbulnya masalah jerawat yang lebih parah.

  • Bersihkan wajah

Pastikan wajah anda terjaga dari berbagai kotoran. Caranya ya cuci wajah secara teratur dan benar. Mencuci muka secara teratur dapat mengurangi kelebihan minyak pada wajah anda. Mencuci muka juga bisa mencegah masuknya bakteri. Mencuci muka atau wajah juga dapat menyingkirkan kulit-kulit yang telah mati. Ingat gunakan sabun cuci muka yang cocok untuk anda, jangan sabun badan apalagi sabun cuci pakaian. 😉

  • Jangan diapa-apakan secara manual

Jerawat kadang bikin kita gemes. Pasti kita ingin untuk memegangnya, memilin-milin, memencet bahkan mengoreknya dengan kuku. Hal ini jangan dilakukan, karena akan memicu timbulnya infeksi dan mengakibatkan masalah jerawat yang lebih berat serta beresiko mengalami infeksi.

  • Bersihkan make-up

Setelah tidak terpakai atau dibutuhkan sebaiknya segera bilas atau bersihkan wajah anda dari kosmetik. Kosmetik yang terlalu lama dan berlebihan dapat mennyumbat pori-pori kulit sehingga dapat memicu terjadinya jerawat. Hal ini terutama saat akan tidur, sempatkan membersihkan segala kosmetik menjelang tidur.

  • Istirahat yang cukup

Aktifitas remaja yang aktif kadang membuat istirahat jadi semakin berkurang. Kurangnya istirahat juga dapat memicu timbulnya jerawat. Saat anda beristirahat, tubuh anda akan kembali segar, sel kulitpun menyegarkan diri.

  • Jangan gunakan produk berbasis minyak

Jangan menggunakan produk kecantikan atau wajah yang berbahan dasar minyak. Hal ini akan memicu timbulnya jerawat.

  • Segera mandi setelah berolah raga

Berolah raga adalah hal yang baik. Namun yang jadi masalah adalah keringat yang tidak segera diatasi. Berolah raga mengeluarkan keringat yang berlebih, jika keringat tersebut tidak segera dibersihkan dengan diusap atau dimandikan maka kemungkinan besar keringat akan mendorong tersumbatnya pori-pori.

Untuk jerawat yang ada di punggung anda dapat mencegahnya dengan cara menggunakan kaos putih yang bahannya menyerap keringat. Kaos semacam ini juga akan mengurangi minyak yang berlebih pada tubuh anda. Inti dari mencegah jerawat adalah menjaga pori-pori agar tidak tersumbat, karena pori pori kulit yang tersumbat akan segera menjadi jerawat.

Jika anda sudah terlanjur mengalami jerawat sebaiknya konsultasikan kondisi anda dengan dokter. Dokter akan memberikan terapi yang tepat untuk mengatasi masalah jerwat anda. Jangan biarkan jerawat mengganggu anda. Sabarlah dalam melakukan pengobatan untuk jerawat, kadang pengobatan jerawat memerlukan waktu yang lama.

No Responses

Add Comment