Cara atau tips untuk menjaga kesehatan saat musim hujan

Drwox.com – Katanya musim hujan merupakan musimnya orang sakit. Faktanya memang benar, di saat musim hujan seperti ini banyak orang sakit musiman. Terutama sakit demam, flu, batuk dan pilek. Demam bisa demam yang biasa saja, namun tidak sedit ada yang mengalami demam berdarah atau tifoid/tifus. Orang yang mempunyai riwayat alergi dingin biasanya akan kambuh gejalanya. Bahkan orang dengan riwayat alergi akan mengalami flu dan batuk dalam waktu yang lebih lama daripada orang biasanya.

Sebagai manusia biasa, mendapatkan sakit adalah hal yang lumrah. Namun jika kita bisa meminimalkan resiko terjadinya penyakit musiman seperti ini tentunya akan lebih baik. Kesehatan yang baik akan membuat kinerja tubuh kita menjadi optimal. Sehingga berbagai pekerjaan kita akan menjadi lancar. Berikut kami sajikan berbagai macam cara atau tips untuk membuat badan kita tetap bugar walaupun cuaca kurang mendukung.

Cara atau tips untuk menjaga kesehatan saat musim hujan

Istirahat yang teratur

Istirahat atau tidur yang cukup akan mempengaruhi kondisi badan harian anda. Istirahat yang cukup akan membuat badan anda kembali bugar setelah beraktifitas seharian penuh. Dengan cukupnya istirahat diharapkan sistem kekebalan tubuh anda akan stabil, tidak turun. Jika sistem imun anda baik maka penyakit tidak mudah hinggap.

Minum air putih yang banyak

Air merupakan komposisi terbanyak dalam tubuh manusia. Menjaga kondisi cairan tetap bagus akan membuat badan lebih segar. Orang yang mengalami demam akan mudah menjadi parah tatkala kurang cairan. maka dari itu minumlah air yang banyak baik di saat sakit ataupun sedang sehat.

Olahraga

Lakukan olah raga ringan agar otot-otot anda terlatih. Dengan berolahraga fungsi organ tubuh akan menjadi lebih baik. Hal ini tentunya sangat baik untuk melawan berbagai mikroorganisme yang akan masuk ke dalam tubuh. Biasanya olah raga pagi di saat musim hujan seperti ini akan membuat anda lebih segar untuk beraktifitas. Hal ini karena malam hari sebelumnya saat musim hujan biasanya badan tidak enak bahkan terasa kedinginan.

Jagalah kebersihan diri

Kebersihan diri sendiri sangat berpengaruh dalam kesehatan pribadi. Kebiasaan yang baik seperti membuang sampah pada tempatnya dan mencuci tangan sebelum makan dapat juga mempengaruhi untuk mencegah penyebaran penyakit yang mungkin mengenai dirinya. Mencuci tangan dan kaki setelah sampai ke rumah juga akan membantu anda untuk mencegah penyakit masuk. Kadangkala tangan kita menyentuh virus atau bakteri dalam seharian ini. Dengan mencuci tangan setidaknya dapat mengurangi masuknya mikroorganisme penyebab penyakit.

Minum suplemen atau vitamin

Vitamin dan suplemen yang anda minum akan memenuhi kebutuhan vitamin harian anda. Hal ini akan meningkatkan daya tahan tubuh anda. Untuk herbalnya anda bisa mencoba madu, propolis dan habbatus sauda. Ketiganya memilki efek yang baik sekali untuk menjaga daya tahan tubuh.

Ke dokter

Jika anda sudah sakit sebaiknya anda segera mengkonsultasikan eadaan anda dengan dokter anda. Jangan menunda-nunda pengobatan, jika memang anda memerlukan obat maka minumlah obat itu. Jangan meremehkan penyakit. Penyakit yang diremehkan pada saat kondisi tubuh anda turun bisa jadi akan lebih membahayakan.

Semoga bermanfaat dan semoga kita semua sehat selalu.

Add Comment