Cara bisnis percetakan yang nyaris tanpa modal

Saturday, December 1st 2012. | Bisnis, Motivasi

Drwox.com – Masalah terutama bisnis adalah modal. Calon pebisnis biasanya berhenti berfikir dan berhenti mencoba ketika sudah terpentok di masalah dana. Baiklah, modal merupakan hal yang harus disiapkan untuk memulai sebuah usaha. Namun demikian, tekad yang kuat dan mimpi yang besar adalah modal yang paling berharga. Saya akan menceritakan pengalaman teman saya dalam menjalani bisnis cetak-mencetak yang nyaris tanpa modal. Berikut ceritanya :

  • Bisnis cetak kaos

Seorang teman, sebut saja kumbang ;-). Kumbang adalah lulusan sarjana dalam bidang IT. Kumbang baru lulus dan belum mendapat pekerjaan tetap. Namun modal pengetahuan IT yang dimilikinya membuat dia harus bisa bertahan untuk hidup. Lalu bisnis apa yang dia jalani? Yak betul bisnis mencetak kaos. Oke modal apa yang dia keluarkan? Modalnya hanya akses internet dan pulsa hape. Awalnya si kumbang bingung mau usaha apa, saya sarankan dia untuk memanfaatkan ilmunya untuk jualan sesuatu. Bingung pasti bingung bisnis apa yang dijalani. Kebetulan kumbang ini mempunyai fanpage di facebook dengan anggota yang segmented banget. Nah disitu ide kaos-pun muncul, jualan kaos, ting! Sebuah ide akhirnya muncul juga. Namun dia tidak bisa desain kaos. Hedeh! Itu bukan masalah dia mencari graphic desainer untuk kaosnya. Setelah dapat desain, senang, tapi karena tidak pernah mau action ya desain itu hanya terbengkalai untuk beberapa waktu. Saya mengingatkan dia untuk segera action dan tes pasar! Akhirnya dia membuat posting dengan judul jualan kaos. Dengan desain yang unik dan segmented banget, akhirnya produknya laris manis. Dalam jangka waktu 3 bulan sudah ratusan produk laku dan yang pasti untungnya gede banget. Untuk modal pemesan kaos wajib bayar duluan. Gak pake modal khan. Yang dipromosikan hanya gambar desain kaos. Kaos belum tercetak. Nyaris tanpa modal. Percetakan tinggal cari percetakannya saja. Bagaimana? Cetar bukan? Kuncinya adalah kemauan untuk segera bertindak dan bergerak. Saat kita bergerak mengejar mimpi maka mimpi itu bergerak kearah kita juga lebih cepat atas ijin Allah.

 cara bisnis percetakan

  • Bisnis cetak mencetak apa saja

Cerita kali ini tokohnya bernama bunga. Bunga adalah karyawati di sebuah perusahaan. Namun dengan menjadi karyawati tetap tidak membuatnya segera puas. Hidup harus meningkat, mungkin itu prinsipnya. Dia memanfaatkan momen akhir tahun ini untuk mempromosikan produk kalender. Dia tidak bisa desain, dia tidak punya modal besar, dia tidak punya alat cetak. Bagaimana caranya, untuk desain dia bekerja sama dengan temannya. Untuk modal biasanya bisnis cetak mencetak menggunakan Downpayment (DP) untuk memulai mengerjakan suatu pesanan. Gak pake modal. Lalu untuk mesin cetak bagaimana? Banyak percetakan, yang mau menerima order percetakan. Lalu promosinya bagaimana? Bunga berpromosi dengan membuat proposal penawaran produk kalender lalu mengirimkan random ke berbagai instansi. Berminggu-minggu dijalani seperti itu. akhirnya pesanan pun datang. Pesanan berasal dari sebuah rumah sakit swasta yang baru berdiri. Bukan hanya pesanan kalender saja yang dia dapat, namun dia dapat pesanan leaflet, mug, dan merchandise lainnya. Yang tak kalah dahsyat dia dapat pesanan baliho di belasan titik. Dikarenakan pelayanan dan hasil percetakan bagus maka bunga mendapatkan longterm order dari rumah sakit tersebut. Benar-benar dahsyat, saat rejeki dijemput, hasilnya bisa benar-benar di luar perkiraan. Alhamdulillah

 Semoga cerita di atas bisa menginspirasi kita yang ingin melakukan sebuah bisnis namun terkendala modal. Modal itu penting namun bukan yang utama. Yang utama adalah kemauan untuk berusaha dan bekerja keras. Mari action sekarang juga, lakukan rencana bisnis anda sekarang juga!

SHARE donk kakak...
tags: