Cara Efektif Menghilangkan Ketombe

Drwox.com – Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang terjadi pada orang-orang secara luas. Ketika sel-sel kulit beregenerasi terlalu cepat (menghilangkan yang lama, memunculkan yang baru), ini menyebabkan serpihan putih muncul. Bila proses tersebut berjalan lambat, serpihan sel-sel kulit mati terlihat saat rambut disikat atau dicuci. Dan itulah yang disebut ketombe. Asal tahu cara menghilangkan ketombe yang efektif, Anda dapat dengan mudah mengatasinya. Pertama, sikat rambut Anda dua kali sehari. Cara terbaik adalah menyikat rambut Anda sekali di pagi hari dan sekali saat malam. Ini akan membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati. Jangan gunakan sisir. Sebuah sisir tidak akan membantu banyak Gunakan sikat kepala yang cukup lebar dan bulunya banyak.

Kedua, tutup kepala dengan topi. Kadang-kadang ketombe dapat disebabkan oleh alergii, yang menyebabkan ketombe saat sinar matahari mengenai kulit kepala. Karena itu, kenakan topi ketika Anda pergi ke luar. Cara ini juga bisa dilakukan untuk menghilangkan ketombe jika Anda memiliki kulit dengan karakteristik yang cenderung kering. Adapun penyebab kulit menjadi kering biasanya karena suhu yang cukup ekstrim dan jika keadaan ini berlanjut, maka akan menyebabkan ketombe. Hindarkan kepala Anda dari panas menyengat dan cuaca yang terlalu dingin dengan topi. Cara menghilangkan ketombe selanjutnya, keramaslah secara rutin untuk menghilangkan ketombe. Rutin bukan berarti harus setiap hari. Keramas terlalu sering atau tidak cukup sering sama-sama dapat menyebabkan ketombe. Jadi sebaiknya lihat apakah kulit kepala Anda terasa sangat kotor dan berkeringat atau tidak.

 cara menghilangkan ketombe

Saat keramas, gunakan shampo yang diformulasikan khusus untuk membantu menghilangkan ketombe. Carilah bahan-bahan aktif dalam komposisinya: Zinc pyrithione, asam salisilat, Selenium sulfida, Ketoconazol, coal tar, dan tea tree oil. Bahan-bahan tersebut dapat membantu mengurangi gatal dan menghilangkan ketombe. Gunakan shampo ketombe setiap hari sampai ketombe reda, dan kemudian gunakan hanya sekali seminggu. Terakhir, oleskan gel Aloe Vera atau lidah buaya ke kulit kepala Anda lalu gosok-gosok. Lakukan sebelum tidur. Kenakan topi mandi saat malam hari agar tidak mengotori bantal. Kemudian bilas rambut Anda secara menyeluruh pada pagi hari. Aloe Vera dapat membantu menghilangkan ketombe dan menyegarkan kulit kepala. Semoga cara menghilangkan ketombe ini membantu Anda mendapatkan kulit kepala sehat dan rambut indah.


JIka anda mengalami ketombe yang berlebihan dan tidak sembuh-sembuh, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter. Menurut pengalaman kami, ketombe yang berlebih bisa jadi adalah reaksi alergi, juga bisa reaksi radang kulit kepala. Yang paling sering adalah jamur. Nah ini harus hati-hati dalam mengatasinya. Jangan menggunakan produk yang tidak jelas. Salah-salah malah bisa menyebabkan kulit kepala menjadi rusak.

Add Comment