Cara Mengatasi Anak Rewel Dengan Baik Dan Benar

Anak yang rewel biasanya disebabkan ketika ia sedang tidak enak badan. Anak yang sedang sakit akan merasakan hal yang tidak nyaman dalam dirinya sehingga ia rewel. Rewel si anak kerap kali membuat ibu akan naik kondisi emosionalnya. Untuk itu, ibu yang anaknya sedang rewel harus ekstra sabar saat menghadapinya.Cara mengatasi anak rewelsebaiknya harus dengan sikap yang tenang dan santai, jangan sampai ibu menghadapinya dengan marah atau emosi.

1. Berikan kasih sayang yang lebih
Cara mengatasi anak yang rewel karena sakit baiknya dengan belaian dan kasih sayang.Periksakan ke dokter saat anak ibu sedang sakit agar dapat ditangani dengan tepat. Kemudian saat anak akan makan, jangan biarkan ia makan sendiri karena nantinya akan tambah rewel. Sebaiknya ibu jaga anak agar ia merasa tenang, karena ibu atau ayahnya sangat perhatian terhadapnya.

2. Berikan perhatian lebih saat anak akan tidur
Menjelang tidur siang atau malam, usahakan ibu menemaninya dengan mengelus-elus kepala atau badannya.Cara mengatasi anak rewel ini terbukti sangat efektif, karena anak akan merasa lebih nyaman berada di dekat sang ibu. Ajak juga ia bicara dengan pelan, ceritakan hal-hal yang menarik saat ia akan tidur. Dengan begitu anak akan fokus untuk mendengarkan ayah atau ibu saat bercerita, sehingga ia melupakan hal-hal yang akan membuat ia rewel.

Cara Mengatasi Anak Rewel Dengan Baik Dan Benar3. Penuhi keinginannya
Anak yang tidak terpenuhi keinginannya biasanya juga menyebabkan ia menjadi rewel. Untuk orang tua yang tidak bisa memberikan apa yang anak kita inginkan, ada baiknya alihkan perhatiannya ke hal-hal yang seru dan menyenangkan. Seperti mengajak bermain ke taman, mengajarinya belajar memasak, menggambar, dan lain sebagainya. Dengan begitu anak akan lupa tentang keinginannya yang tidak tercapai sehingga ia tidak akan rewel lagi.

4. Ajaklah Berbicara
Ajaklah bicara saat anak rewel. Tanyakan mengapaia rewel. Mungkin ia ada masalah dengan temannya di sekolah atau ada sesuatu yang ingin ia ungkapkan tetapi tidak bisa. Kedekatan antara anak dan orang tua akan memecahkan masalah yang kerap kali membuat hubungan orang tua dan anak menjadi renggang. Dengan saling bicara anak akan mengungkapkan segala isi hatinya yang kadang membuat ia rewel. Saat bicara dilakukan dengan tenang dan santai seolah-olah pembicaraan yang tengah dilakukan adalah pembicaraan antara teman dengan teman.

Banyak sekali hal yang membuat anak menjadi rewel, untuk itu sebagai orang tua harus tahu betul mengenai kondisi anak mengapa ia bisa rewel. Orang tua harus melakukan pendekatan dengan anaknya sesering mungkin, agar anak tahu bahwa orang tuanya selalu ada di dekatnya. Sehingga apa yang ia inginkan dapat tersampaikan dan tidak akan rewel lagi.

Demikian adalah beberapa cara mengatasi anak rewel yang bisa ibu atau ayah lakukan. Semoga bisa menginspirasi kedekatan anda dengan anak anda.Selamat mencoba.

Add Comment