Cara Mengatasi Anak Yang Hiperaktif Dengan Mudah

Seorang anak yang hiperaktif akan beda dengan anak lainnya. Anak hiperaktif cenderung lebih aktif dalam melakukan kegiatannya.Seorang ibu yang memiliki anak hiperaktif harus lebih sabar dan telatenmengatasinya.Berikut adalah beberapa cara mengatasi anak yang hiperaktif:

Selalu mengawasi anak
Selalu awasi si anak saat sedang bermain di luar rumah, jangan biarkan ia bermain sendiri. Dengan mengawasi anak saat bermain di luar ruangan akan membuatnya lebih aman, apalagi jika tiba-tiba ia jatuh. Maka orang yang akan dituju pasti ibu atau ayahnya, jadi lebih baik ibu awasi anaknya saat sedang main di luar rumah.

Jangan marahi ketika ia melakukan sesuatu yang salah
Saat anak ibu melakukan sesuatu yang salah, sebaiknya nasehati ia bukan memarahinya. Dengan nasehat yang halus akan membuat anak lebih mengerti tentang kesalahan yang telah ia lakukan, sehingga ia tidak akan mengulangi kesalahannya lagi.

Berikan asupan gizi yang cukup
Anak yang hiperaktif akan melakukan kegiatan yang butuh banyak energi, untuk mengatasi anak hiperaktif, sebaiknya ibu memberikan asupan nutrisi yang cukup.Cara Mengatasi Anak Yang Hiperaktif Dengan Mudah

Lakukan disiplin terhadap anak yang hiperaktif
Maksudnya disiplin di sini bukan keras, akan tetapi suatu tata cara yang halus yang diterapkan kepada anak, sehingga ia akan berlatih tanggung jawab.

Berikan ketenangan
Anak yang hiperaktif juga butuh ketenangan. Cara mengatasi anak hiperaktif yaitu saat anak ibu sedang istirahat, berikan ia cerita atau dongeng-dongeng yang mendidik. Karena anak yang hiperaktif justru memiliki konsentrasi yang tinggi dalam menyerap suatu pembahasan atau cerita.Saat anak sedang istirahat, ibu juga dapat memutarkan musik- musik yang tenang seperti musik klasik. Musik klasik ini juga akan membuat anak konsentrasi.

Berikan mainan yang dapat membuat anak berkonsentrasi
Cara mengatasi anak hiperaktif yang berikutnya yaitu memberinya mainan yang bisa meningkatkan konsentrasi anak, seperti catur, ular tangga, lego, dan yang lainnya. Dengan mainan tersebut anak akan berkarya, karena ia akan konsentrasi dengan mainan yang diberikannya tersebut.

Latihan pernapasan
Saat anak tidak bisa tenang, sebaiknya berikan latihan pernapasan.Caranya, ajarkan anak untuk menghirup udara dalam-dalam dari dari hidung, kemudian keluarkan pelan-pelan melalui mulut.

Mandi busa
Anda juga dapat mengatasi anak hiperaktif yang sedang stress dengan cara mandi busa dan memberikannya beberapa mainan. Dengan mandi yang seperti itu akan membuat anak semakin senang sehingga stresnya akan hilang.

Berikan makanan yang bergizi tinggi
Anak yang hiperaktif membutuhkan kalsium untuk memperkuat tulangnya, karena setiap harinya ia akan bergerak ke sana kemari sehingga membutuhkan tulang yang kuat.

Berikan pijatan-pijatan yang pelan ke anak setelah selesai bermain
Pijatan-pijatan ini akan membuatnya lebih tenang.

Ajak anak sesekali bermain di kolam renang
Dengan bermain air ia akan berkreasi sesukanya, serta mengoptimalkan hiperaktifnya ke hal-hal yang positif dengan cara belajar berenang yang baik, namun tetap dalam pengawasan.

Semoga cara mengatasi anak hiperaktif di atas bisa membantu.

Add Comment