Cara mengatasi atau mengobati demam pada anak

Wednesday, December 12th 2012. | Kesehatan

Drwox.com – Demam pada anak adalah kasus yang paling sering kami temui di pelayanan kesehatan primer. Hampir tiap hari kami menemui pasien anak dengan demam yang disebabkan berbagai macam penyakit. Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh lebih dari atau sama dengan 38°C (rectal=dubur), ada yang menyebutkan lebih dari 37°C (aksila=ketiak) sudah dianggap demam. Demam bukanlah suatu penyakit namun gejala dari suatu penyakit, biasanya berupa infeksi. Demam dapat disebabkan oleh bakteri maupun virus, dan virus adalah penyebab paling sering. Sebenarnya demam adalah mekanisme alami tubuh dalam menghadapi serangan infeksi.

cara mengatasi atau mengobati demam pada anak

Demam kadangkala dapat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik dan cepat. maka dari itu jangan anggap remeh jika anak anda demam. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua saat anak demam :

  • Kenali gejala atau tanda anak anda sedang demam

Demam adalah suatu gejala. Namum demikian ada tanda atau gejala yang menyertai saat anda demam. Saat demam biasanya anak anda rewel, tidak mau makan, merasa kedinginan, lemas, merasa pusing atau nyeri, dan selalu ingin tidur, serta panas saat diraba di kening atau belakang telinganya. Untuk mengetahui seberapa demam anak anda anda dapat menggunakan thermometer. Thermometer dapat dipasang ketiak atau dubur. Tapi yang paling sering dipasang di ketiak, tunggu sebentar kira-kira 30-60 detik lalu lihat pengukur suhunya. Jika menggunakan thermometer air raksa waktu yang dibutuhkan lebih lama namun hasil lebih valid.

  • Hubungi dokter segera

Jika anak anda demam sebaiknya anda segera menghubungi dokter, apalagi jika demam tinggi. Anda boleh melakukan pengobatan darurat namun tetap konsultasikan kondisi anak anda ke dokter. Hal ini karena penyebab demam macam-macam, dokter akan memeriksa kondisi anak anda, seberapa parah, dan akan melakukan penanganan terbaik dan tepat untuk kondisi anak anda. Dokter akan lebih mengetahui berapa dosis obat dan cara memberikannya kepada anak anda.

  • Buat anak anda nyaman

Anak yang mengalami demam biasanya badannya terasa tidak enak. Maka dari itu buatlah anak anda nyaman. Berikan pakaian yang longgar yang nyaman dipakai. Jangan beri pakaian tebal dan dobel dobel. Pakaian yang terlalu tebal malah akan membuat panas sulit keluar dan anak bisa semakin demam dan tidak nyaman. Jika demam sudah turun barulah boleh memberikan pakaian yang tebal. Kompres air hangat juga dapat membuat demam lebih turun dan membuat anak lebih nyaman. Ada yang menyebutkan air tawar biasa untuk kompres, tapi jangan menggunakan air dingin atau air es untuk kompres. Kompres dapat dilakukan di kening dan di ketiak anak.

  • Cegah kekurangan cairan atau dehidrasi

Jika anak anda demam sebaiknya berikan cairan yang cukup. Jika dia bisa minum air putih maka berikan air putih yang cukup. Jika masih minum susu coba susu agak lebih diencerkan, lalu minumkan lebih sering. Hal ini dilakukan untuk mencegah kekurangan cairan.

  • Kenali obat penurun panas

Jika anda mempunyai anak kecil maka sebaiknya anda menyediakan obat penurun panas untuk mengatasi anak demam secara darurat. Obat penurun panas yang umum digunakan adalah paracetamol. Konsultasikan dengan dokter untuk dosis pemberian obat anak anda dan bagaimana cara memberikan obat itu. Jika memungkinkan, segera konsultasi ke dokter anda. Lalu bagaimana jika anda tidak mau minum obat secara oral? Anda dapat memberikan obat yang dimasukkan lewat dubur dalam kondisi darurat, namun demikian anda tetap harus mengkomunikasikan dengan dokter.

  • Kenali tanda gawat darurat saat anak demam

Jika anda menemui gejala atau tanda kegawatan yang menyertai demam pada anak anda maka anda wajib saat itu juga menghubungi dokter atau unit gawat darurat terdekat. Apa saja tanda gejala gawat darurat tersebut? Yang pertama dan paling sering adalah kejang, demam tinggi pada anak dapat menyebabkan kejang. Orangtua harus tahu tanda anak kejang. Yang kedua kesadaran menurun, jika anak tidak respon terhadap panggilan anda atau tidak merespon sentuhan maka hal ini wajib jadi perhatian. Kemudian kaku, jika badan dan leher anak kaku tanpa sebab anda wajib segera mencari pertolongan. Perhatikan nafas anak, jika anak susah berbafas, atau kecepatan nafas terlihat terlalu cepat daripada biasanya, segeralah hubungi unit gawat darurat terdekat. Mual, muntah, diare dan nyeri kepala juga harus jadi perhatian utama saat anak anda demam. Warna kulit juga harap menjadi perhatian, bintik merah pada kulit, kulit pucat atau menghitam bisa jadi adalah tanda yang berbahaya.

Di atas adalah beberapa yang bisa anda lakukan untuk mengatasi demam pada anak. Jangan pernah anggap remeh demam pada anak anda. Sekarang ini dengan berkembangnya internet dan informasi yang kurang valid dari orang yang tidak mengerti ilmu kesehatan, banyak orang tua meremehkan demam. Anak demam dibiarkan saja, dengan alasan bisa sembuh sendiri, dia tahunya baca dari internet. Tahu-tahu datang ke unit gawat darurat sudah dalam kondisi parah. Nah hal inilah yang harus diperhatikan orang tua, keluhan apapun, gejala apapun yang terjadi pada anak jangan sampai dianggap remeh.

SHARE donk kakak...
tags: , , , , ,