Cara Mengatasi Bayi Rewel Berdasarkan Penyebabnya

Ibu yang bayinya rewel harus sabar-sabar dalam menenangkannya. Kenapa bayi ibu rewel? Coba cek mungkin popok nya sudah basah. Sebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan bayi ibu menjadi rewel.Seorang ibu harus lebih peka saat bayinya sedang rewel, karena bayi belum bisa bicara. Untuk itu, berikut beberapa cara mengatasi bayi rewel yang bisa ibu lakukan.

1. Saat bayi rewel karena popoknya basah segera ganti dengan yang baru dan bersih. Popok yang sudah basah membuat bayi risih dan tidak nyaman, sehingga ia memberikan reaksi tangisan atau rewel.

2. Bayi yang lapar dan ingin menyusu atau makan juga akan rewel. Ketika bayi ibu rewel karena lapar dan ibu belum sempat memasak, ibu dapat memberikannya roti atau biskuit agar bayi bisa tenang. Roti atau biskuit ini juga dapat melatih kekuatan rahang pada bayi.

3. Cuaca yang dingin atau panas juga kerap kali membuat bayi rewel. Cuaca yang panas akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan berkeringat. Cara mengatasi bayi rewel dengan kondisi tersebut yaitu ganti bayu bayi dengan baju yang lebih tipis, agar bayi tidak gerah. Anda juga dapat mengipasi bayi menggunakan kipas agar bayi menjadi lebih sejuk.

4. Jika udaranya dingin, cepat pakaikan jaket atau pakaian hangat. Selain itu, kenakan pula kaos kaki serta selimut agar bayi tidak merasa kedinginan dan rewel kembali.

5. Bayi yang sedang sakit juga akan membuatnya mudah rewel. Bayi yang sedang sakit membutuhkan perawatan yang ekstra. Sebaiknya saat bayi sakit segera periksakan ke dokter atau rumah sakit, agar diberikan obat sesuai resep dokter.Cara Mengatasi Bayi Rewel Berdasarkan Penyebabnya

6. Bayi yang susah tidur terutama pada malam hari akan membuatnya rewel. Saat bayi ibu rewel karena tidak bisa tidur, sebaiknya gendong dan tepuk pelan-pelan badannya sambil nyanyikan sebuah lagu yang tenang agar rewelnya segera berhenti. Cara mengatasi bayi rewel ini sangat ampuh digunakan untuk menidurkan bayi yang susah tidur.

7. Bayi yang perutnya kembung juga seringkali rewel. Saat bayi ibu kembung, oleskan minyak telon atau minyak kayu putih ke perutnya. Sertakan pula pijatan lembut agar perut kembungnya cepat reda.

8. Bayi bisa rewel karena pilek dan hidungnya tersumbat. Saat bayi pilek ibu harus merawatnya dengan benar. Saat bayi pilek ia akan kesulitan bernapas sehingga akan rewel, cara mengatasi bayi rewel yang dapat ibu lakukan yaitu dengan memberikan uap hangat dari air panas yang diletakkan di sebuah wadah. Ibu juga dapat mengoleskan minyak telon ke dadanya agar menjadi hangat.

9. Bayi juga bisa rewel karena gatal yang disebabkan oleh biang keringat. Biang keringat ini kerap kali menyerang bayi.Rasa gatal karena biang keringat membuat bayi rewel, untuk itu berikan bedak yang mengandung salisil agar rasa gatal pada bayi bisa hilang. Selain itu bedak salisil untuk bayi juga dapat mendinginkan kulitnya.

Semoga cara mengatasi bayi rewel di atas bisa bermanfaat.

Add Comment