Cara Mengatasi Hidung Mampet Pada Anak

Anak yang hidungnya mampet kerap kali membuat ia kesulitan bernapas, karena anak belum bisa dengan benar menarik napas dari mulutnya. Hidung mampet pada anak juga akan membuat ia tidak aktif lagi bermain dan belajar. Ia juga akan lesu dan letih serta nafsu makannya menjadi berkurang. Untuk itu berikut cara mengatasi hidung mampet yang bisa Anda lakukan :

Gunakan uap air panas untuk melegakan hidungnya

Cara mengatasi hidung mampet ini terbukti sangat efektif untuk mengeluarkan lendir yang ada di rongga hidungnya.Caranya sangat mudah, Anda hanya tinggal menyiapkan wadah yang berisi air panas, dan uap kan ke wajah atau hidung anak Anda agar pernapasannya menjadi lega.

 Berikan minyak kayu putih

Berikanlah minyak telon atau minyak kayu putih ke bawah hidung dan leher.Minyak kayu putih ini berguna untuk aromaterapi yang dapat melegakan hidung mampet.Cara Mengatasi Hidung Mampet Pada Anak

 Saat tidur posisikan kepala lebih tinggi dari badan menggunakan bantal

Cara mengatasi hidung mampetini akan membuat anak lebih mudah saat menarik napas. Posisikan juga badan untuk miring ke kanan atau kiri agar proses pernapasannya lebih mudah.

 Hindari penggunaan AC

Anak yang sedang pilek atau flu, akan sangat sensitif sekali dengan udara yang dingin.Jadi hindarkanlah anak anda dari ruangan yang ber-AC.

 Berikan pijatan-pijatan ke bahu anak untuk menenangkannya

Hidung mampet membuat anak sulit bernapas, sehingga ia akan tegang dan tidak tenang. Dan fungsi dari pijatan tersebut adalah menenangkan.

 Mandikan anak menggunakan shower untuk melegakan napasnya

Gunakan shower dengan suhu hangat, agar anak dapat menghirup uap air dari shower tersebut.

 Gunakan larutan saline

Cara mengatasi hidung mampet dilakukan dengan cara memberikan larutan saline sebanyak tiga tetes ke lubang hidung kanan dan kiri anak secara bergantian. Larutan saline dapat Anda beli di apotek terdekat.

 Oleskan balsem

Oleskanlah balsem yang aman untuk anak-anak pada dada anak untuk menghangatkannya, sehingga aroma dari balsem dapat membuat hidung menjadi lega.

 Jaga suhu ruangan agar tetap hangat

Anda dapat menggunakan alat khusus untuk menghangatkan ruangan. Suhu ruangan yang hangat akan menjaga pernapasan menjadi hangat, sehingga mampet pada hidung akan terbuka dan anak akan bernapas dengan lancar.

 Keluarkan lendir

Mampet pada hidung disebabkan oleh lendir yang berlebihan.Untuk mengatasi hidung mampet pada anak, Anda bisa mengeluarkan lendir yang berlebihan tersebut menggunakan alat penghisap lendir khusus yang dapat dibeli di apotek.

 Berjemur

Berjemur pada pagi hari bertujuan untuk menghangatkan badannya agar pilek atau flu dapat cepat sembuh. Pijat dahi anak dengan lembut menggunakan minyak kayu putih untuk memberikan ketenangan, sehingga napasnyaakan lebih mudah.

 Periksakan ke dokter

Jika hidung mampet pada anak tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Sehingga akan diberikan obat sesuai dosis untuk mengatasi hidung mampet pada anak anda.

Add Comment