Cara mengatasi insomnia

Drwox.com โ€“ bagi sebagian orang insomnia adalah suat masalah yang sangat berat sekali. Bahkan ada orang tidak tahan sampai depresi dalam menghadapi insomnia ini. Secara sederhana insomnia merupakan suatu keadaan susah tidur. Tidur merupakan aktifitas penting dalam metabolism alami tubuh kita. Saat kita tidur tubuh akan memperbaiki dan menyegarkan seluruh komponen tubuh kita. Namun yang terjadi pada penderita insomnia menjadi sangat berbeda. Tubuh menjadi tidak fit pada pagi harinya. Mengantuk, tidak semangat kerja dan tidak bertenaga. Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut sedikit tips atau cara dalam mengatasi insomnia.

Cara mengatasi insomnia

Cara mengatasi insomnia

  • Cari sumber penyebabnya

Kebanyakan penyebab orang menderita insomnia adalah masalah psikis. Tekanan pekerjaan dan kehidupan membuat seseorang berfikir terlalu keras sehingga mengakibatkan stress, lalu timbullah gejala insomnia. Segera cari cara mengatasi stress tersebut, ย lalu selesaikan masalah tersebut. Selalu ada cara mengatasi masalah apapun itu. Masalah bisa bersumber dari lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah dan lingkungan pekerjaan dan sekitarnya. Jika masalah sudah ditemukan dan diselesaikan maka beban pikiran akan berkurang, jika beban pikiran hilang maka tidur lebih nyaman. Jika anda tidak mampu menemukan dan menyelesaikan hal ini maka saya sarankan untuk menghubungi konsultan psikologi, dokter atau hipnoterapis. Mereka akan membantu anda lebih mudah dalam menemukan masalah yang bersifat psikis.

  • Olah raga

Berolah raga secara rutin membuat badan lebih segar dan sehat. Metabolisme tubuh akan membaik, kebutuhan oksigen di seluruh tubuh akan tercukupi terutama di otak. Hal ini akan membantu anda dalam meningkatkan kualitas tidur anda. Selain menyehatkan olah raga juga akan membuat nyaman pikiran serta mengurangi stress. Usahakan melakukan olahraga di tempat yang banyak orangnya, agar anda bisa bersosialisasi dan mencerahkan mata dan pikiran. Jangan berolahraga sendiri, selain sedikit manfaatnya berolah raga sendiri biasanya akan menjadi malas. Jika malas target manfaat olahraga kurang tercapai. Anda bisa melakukan olahraga di lingkungan komplek, gym atau tempat lain yang cukup memadai untuk berolahraga.

  • Perhatikan makan dan minum anda

Makan makanlah yang cukup saat sore atau malam hari. Jangan terlalu berlebihan dan jangan terlalu sedikit. Jangan minum yang mengandung kafein dan alkohol, hal ini akan memperparah kualitas tidur anda. Beberapa hipotesis menyebutkan bahwa minum susu akan membuat anda lebih mudah tidur, maka cobalah minum susu hangat sebelum memulai tidur.

  • Perhatikan lingkungan tidur

Buat tempat tidur anda senyaman mungkin. Cahaya lampu sebaiknya dimatikan, namun jika anda kurang nyaman tidur dalam gelap anda bisa memakai lampu tidur atau meredupkan lampu. Pastikan tempat tidur anda bersih dan sirkulasi udaranya nyaman, sehingga anda betah berlama-lama di dalamnya. Jika anda merasa nyaman dengan bantal tertentu atau coverbed tertentu maka lakukanlah, ini juga saya lakukan agar tidur saya lebih nyaman.

  • Lakukan aktifitas ringan

Aktifitas ringan yang dapat anda lakukan untuk mempercepat tidur diantaranya membaca buku, menonton tivi, membaca Al-Quran, berdzikir, aktifitas ringan tersebut bagi saya sangat bermanfaat sekali untuk membuat saya rileks sehingga dapat dengan mudah tertidur.

  • Jadwalkan tidur anda

Tidurlah dengan jadwal yang teratur. Kemudian bangunlah dengan jadwal teratur pula. Jangan terlalu malam tidur dan jangan terlalu siang bangun. Jadwal tidur yang teratur lama kelamaan akan membuat irama sirkadian tubuh terbentuk. Sehingga pada saatnya nanti tubuh akan tahu sendiri kapan dia harus bangun dan kapan dia harus beristirahat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang mengalami susah tidur.

2 Comments

  1. Semut Kecil December 14, 2012
    • drwox December 15, 2012

Add Comment