Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Secara Alami

Mimisan kerap kali terjadi pada anak-anak.Mimisan yang terjadi pada anak disebabkan oleh pembuluh darah yang mengalami kelebihan beban. Anak yang terlalu lama berada di luar rumah dan kepanasan, juga dapat menyebabkan ia pusing dan mimisan.Ibu yang anaknya mimisan sebaiknya jangan khawatir dan tetap tenang dalam mengatasinya. Jangan panik, karena panik justru akan membuat anak Anda menjadi takut dan bingung.Cara untuk mengatasi mimisan pada anak yaitu:

1. Menggunakan daun sirih. Siapkan daun sirih yang masih muda dan bersih, kemudian cuci. Remas-remas sampai minyaknya keluar.Linting hingga sesuai dengan ukuran lubang hidung anak Anda. Lalu gunakan pada hidung dan akan membantu mempercepat proses pembekuan darah.lakukan cara mengatasi mimisan ini sampai sembuh.

2. Posisi kan kepala anak Anda lebih tinggi dari jantung. Jikamimisansudah berhenti, cara yang dapat dilakukan untuk mencegah darah keluar lagi yaitu, istirahat dengan posisi kepala lebih tinggi dan jangan memasukkan apapun ke hidung seperti tisu.

3. Cegah anak membuang darah dari hidung seperti saat membuang ingus, jika hal ini dilakukan maka akan membuat darah keluar lagi.

4. Sebaiknya suruh anak latihan bernapas dari mulut dan membungkukkan badan ke depan.Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Secara Alami

5. Kompres hidung anak Anda menggunakan air dingin untuk mencegah darah keluar lagi.

6. Jika hidung anak Anda tersumbat karena ingus, buang ingus perlahan-lahan.

7. Ibu juga dapat memeriksakan anak ibu ke dokter saat mimisan. Untuk memastikan saja bahwa tidak ada gejala serius dari mimisan tersebut.

8. Selain itu, ibu juga dapat membuat ramuan alami untuk mengatasi mimisan pada anak, seperti menggunakan akar teratai. Cara mengatasi mimisan dari ramuan dari akar teratai yaitu, siapkan akar dan cuci hingga bersih. Kemudian tumbuk akar teratai tersebut hingga halus, lalu masukkan ke lubang hidung air dari tumbukan akar teratai tersebut sedikit demi sedikit.

9. Ramuan lainnya yaitu menggunakan pegagan. Caranya siapkan pegagan yang masih segar lalu cuci hingga bersih. Rebus pegagan tadi hingga mendidih. Tunggu sampai dingin dan minum kan airnya ke anak Anda satu sampai dua sendok.

10. Ramuan dari rambut jagung juga dapat ibu gunakan untuk mengatasi mimisan. Cara mengatasi mimisan dari ramuan rambut jagung yaitu, cuci bersih rambut jagung dan rebus hingga mendidih. Tunggu hingga dingin dan minumkan airnya satu sampai dua sendok ke anak Anda agar mimisan nya cepat berhenti.

Itulah sebagian cara mengatasi mimisan yang bisa ibu lakukan. Semoga dengan melakukan cara-cara tadi,mimisan pada anak ibu cepat berhenti.Selain itu ibu sebaiknya memberikan anaknya makanan yang bisa menambah darah, seperti bubur kacang hijau, daging merah seperti daging sapi atau kambing, sayuran, dan kacang-kacangan. Selain itu berikan susu untuk memberikan nutrisi yang baik pada anak ibu. Selamat mencoba.

Add Comment