Cara Mengatasi mual muntah dalam kehamilan

Drwox.com – Mengatasi mual muntah dalam kehamilan itu gampang-gampang susah. Hal ini dikarenakan mual dan muntah dalam kehamilan dipengaruhi beberapa banyak faktor. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa hampir setiap ibu hamil pasti mengalami mual muntah. Terutama pada kehamilan pertama, mual muntah akan terasa lebih menyakitkan. Mereka melakukan berbagai cara agar mual muntah yang mereka alami segera hilang, sehingga mereka dapat melanjutkan pekerjaan sehari-hari walaupun sedang hamil. Baca lagi kehamilan dan mual muntah

Lalu bagaimanakah cara mengatasi mual muntah dalam kehamilan?

  1. Konsultasi ke dokter

Bagaimanapun kondisi anda, saat mual muntah anda wajib konsultasikan kondisi anda ke dokter. Jangan menyimpulkan sendiri keadaan anda. Dengan keilmuannya dokter dapat mengetahui seberapa parah mual muntah anda dan segera melakukan proses terapi untuk keadaan anda. Ingat, jangan mencoba terapi apapun tanpa berkonsultasi kepada dokter anda. Lakukan kontrol rutin kehamilan anda sesuai waktu anjuran dokter.

cara mengatasi mual muntah saat hamil

  1. Kurangi Aktifitas

Biasanya mual muntah akan memburuk jika ibu hamil merasa kelelahan. Maka perbanyaklah istirahat dan kurangi aktifitas. Selain untuk ibu, pengurangan aktifitas fisik berlebih juga baik untuk janin. Jika ada waktu sempatkanlah tidur siang walaupun sebentar, ini akan membuat tubuh anda menjadi fit di sore hari. Lalu jangan pernah begadang, begadang bisa membuat tidur kita kurang berkualitas. Jika tidur malam kurang berkualitas maka akan mempengaruhi kondisi fisik pada pagi harinya. Lalu jangan berolah raga berat, pilihlah olahraga yang cocok untuk ibu hamil. Hindari juga olahraga ekstrim yang memiliki resiko tinggi. Selalu koordinasi dengan keluarga terutama suami dalam menyelesaikan pekerjaan di dalam rumah sehari-hari. Usahakan suami anda mengerti dengan kondisi anda, bila perlu ajaklah suami anda untuk selalu mendampingi anda saat berkonsultasi ke dokter sehingga suami anda benar-benar mengerti akan kondisi anda saat hamil.

  1. Makanan dan minuman

Untuk makanan setiap individu biasanya berbeda-beda selera. Pilihlah makan yang tidak membuat anda mual. Makanan yang sedikit gurih biasanya lebih disukai oleh ibu hamil. Buah yang segar yang mempunyai rasa kecut dan manis kadang juga menjadi favorit ibu hamil. Ingat, jangan memakan sembarang buah. Buah yang sebaiknya dihindari diantaranya pepaya, nanas, anggur, dan durian. Untuk minuman yang harus dihindari adalah alkohol, mengandung kafein dan minuman lain yang memiliki aroma yang bisa membuat anda mual dan muntah. Jangan terlalu banyak minum dalam satu waktu, minumlah perlahan-lahan sedikit namun sering.  Kemudian camilan yang biasa direkomendasikan dokter adalah crackers. Makanan kecil ini menurut pengalaman kami mampu mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

  1. Obat dan vitamin

Jika dirasa perlu dan mual muntah sudah mulai mengganggu, maka dokter akan meresepkan obat dan vitamin khusus untuk ibu hamil yang mengalami mual dan muntah. Ingat jangan asal minum obat mual dan muntah. Semua obat atau vitamin yang anda konsumsi harus dalam pengawasan dokter.

  1. Alternatif

Cara alternatif yang aman untuk mengatasi mual muntah diataranya adalah dengan minum jahe. Sedikit jahe akan membantu membuat pencernakan nyaman dan mengarangi mual dan muntah. Cara berikutnya adalah dengan pemijatan dan akupuntur. Tubuh kita mempunyai suatu titik khusus yang apabila ditekan dan ditusuk akan membantu mengurangi mual dan muntah. Untuk hal ini anda harus berkonsultasi dengan ahlinya. Ingat jangan sembarangan melakukan pijat atau pengobatan alternative yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Nah kelima cara di atas semoga membantu para ibu hamil yang sedang mengalami mual dan muntah. Semoga kehamilannya lancar dan sehat sampai waktu melahirkan nanti. Amiinn..

Add Comment