Cara Mengatasi Stress

Drwox.com – Siapa sih yang belum pernah mengalami stress? Setiap orang baik tua muda, pria wanita, pasti sudah mengalami stress. Stress atau tekanan pikiran dapat dialami siapapun di dunia ini. Stress dapat diakibatkan permsalahan rumah tangga, ekonomi, hubungan percintaan, sekolah atau kuliah, masalah social, dan lain sebagainya. Bagi manusia segala apapun di dunia ini bisa jadi sumber stress. Kurang bersyukur kali ya, hehe. Banyak orang melakukan berbagai cara untuk melepaskan stress, setiap orang mungkin berbeda-beda. Berikut cara saya mengatasi stress, walaupun tidak selalu saya lakukan 😉

Cara Mengatasi Stress

  • Kembalikan semua kepada Tuhan

Untuk cara yang bersifat spiritual mungkin cara ini paling ampuh. Kembalilah kepada penciptamu, yang berkuasa atas segala sesuatu. Banyak berdoa dan meminta bantuan Allah adalah cara terampuh yang saya rekomendasikan. Jikalau semua dikebalikan kepada Allah, insyaAllah semua urusan pasti beres dan selesai, hatipun kembali tenang.

  • Tarik nafas dalam

Saat mengalami stress, lakukanlah bernafas secara dalam. Caranya tarik nafas lewat hidung secara dalam, lalu keluarkan lewat mulut pelan-pelan. Lakukan ini selama 3-10 kali. Hal ini akan memberikan efek relaksasi yang luar biasa. Selain pikiran, otot tubuh anda juga akan merasakan rileks atau sangat nyaman. Selama melakukan hal ini udahakan anda bersandar pada tempat duduk yang empuk, seperti sofa, atau juga bisa dilakukan dalam mobil anda jika anda stress di jalan.

  • Lakukan hal yang anda sukai

Jikalau saya stress yang saya lakukan adalah makan. Hehe, biasanya saya berkeliling cari tempat makan. Lebih sering hal ini saya lakukan sendiri. Biasanya orang stress menjadi kurus karena tidak doyan makan. Tapi saya malah jadi tambah gendut. Anda boleh meniru cara saya tapi lebih baik jangan, ntar kegendutan saya pula yang disalahkan. Hehe.

Oke, untuk anda sesuaikan dengan hal yang anda sukai. Misalnya anda suka baca ya carilah buku untuk dibaca. Jika anda suka karaoke-an ya monggo, jika anda stress lalu melakukan ibadah lebih giat ya itu lebih bagus. Intinya lakukanlah kegiatan positif yang anda sukai. Ingat ya..! hal yang positif.

  • Berteman dengan orang baik

Lhoh apa hubungannya dengan teman? Teman sangat berpengaruh terhadap perkembangan jiwa seseorang. Jika diri anda stress namun berteman dengan orang yang tidak baik maka penyelesaian stress yang anda alami-pun mungkin dengan cara yang tidak baik pula. Jika hal itu terjadi yang ada stress anda akan malah bertambah. Jika anda mempunyai teman yang baik, biasanya temen anda akan membantu anda dalam menghadapi stress, apapun itu. teman adalah keluarga jauh yang terdekat. Jadi carilah teman yang baik dalam kehidupan anda.

  • Selesaikan masalah anda secepatnya

Stress itu biasanya karena ada suatu masalah. Maka dari itu lakukan tindakan untuk mengatasi masalah anda secepat mungkin. Jangan hanya sibuk menghabiskan waktu untuk menikmati stress anda. Jika anda tidak bergerak sekarng juga ya stress anda tidak akan selesai juga. Semakin anda menunda menyelesaikan masalah anda semakin stress anda bertahan lama. Dan bukan tidak mungkin masalah demi masalah akan bertumpuk tanpa ada tindakan penyelesaian nyata. Mulailah selesaikan masalah anda secepat yang anda mampu. Biula perlu mintalah bantuan orang lain untuk menyelesaikan hal yang kira-kira anda tidak mampu menyelesaikannya sendiri.

Cara diatas adalah relatif, dan hanya sebagian kecil cara mengatasi stress. Setiap orang akan berbeda-beda caranya. Tergantung dari pengetahuan dan pengalaman hidupnya. Oke, semoga kita semua terhindar dari segala macam stress.

No Responses

  1. Pingback: Cara mengatasi insomnia | drwox December 14, 2012
  2. Pingback: Tentang Masalah Disfungsi Ereksi | drwox December 22, 2012

Add Comment