Cara mengatasi stroke dan pertolongan pertama pada stroke

Wednesday, January 9th 2013. | Kesehatan

Dwox.com – Baru-baru ini sering beredar informasi yang keliru dan menyesatkan seputar cara menangani pasien stroke. Ada yg bilang dilukailah jarinya, ada yang bilang ditusuklah pembuluh darahnya. Hmm sangat mengerikan sekali, dan bahkan tindakan invasive seperti ini sangat bahaya jika dilakukan oleh orang biasa. Resikonya lebih besar. Maka dari itu anda perlu membekali pengetahuan sederhana tentang penyakit stroke ini.

cara mengatasi dan Pertolongan pertama pada stroke

Pertolongan pertama pada stroke

Stroke dalam dunia medis juga dikenal sebagai cerebrovascular accident atau CVA.  Stroke disebabkan oleh gangguan aliran darah yang mengalir ke otak. Stroke terbagi menjadi 2 yaitu stroke perdarahan dan stroke iskemik. Stroke perdarahan disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak, sedangkan stroke iskemis disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah. Stroke perdarahan biasanya kemungkinan pulih kecil, namun stroke iskemik biasanya dapat pulih lagi seperti sediakala. Jadi, tidak semua stroke itu perdarahan. Dan diagnosis penegakakn stroke ini hanya dilakukan oleh dokter atau dokter ahli khusus saraf. Namun demikian orang awam dapat mengenali gejala yang muncul.

Jika ada gangguan aliran pembuluh darah otak maka kemungkinan besar akan terjadi kelemahan anggota gerak salah satu sisi tubuh. Mulutnya perot, jika berbicara pelo/cadel, berat saat berbicara. Penderita biasanya susah atau berat menggerakkan anggota tubuh, bahkan tidak bisa sama sekali. Untuk keadaan yang lebih berat biasanya penderita tidak sadarkan diri. Nah ini harus segera diberi pertolongan medis. Derajat keparahan pasien stroke sangat beragam dan tidak semua pasien mengalami keparahan yang sama, hal ini tergantung dari kondisi perdarahan atau sumbatannya. Angka kesembuhan pasein juga beragam, ada yang bisa sembuh total dalam waktu singkat, ada juga yang memerlukan terapi sampai bertahun-tahun. namun ada juga yang tidak bisa terselamatkan. Stroke yang parah biasanya stroke yang diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah.

Jika anda curiga seseorang menderita stroke anda dapat memperhatikan hal berikut ini :

Pertama, lakukan pemerikasaan dasar seperti melihat kondisi penderita, lihat apakah dia bernafas atau tidak, panggil namanya untuk sekedar mengecek tingkat kesadarannya. Lihat matanya, apakah terbuaka atau tertutup. Lalu kemudian anda dapat memperhatikan hal-hal di bawah ini,

F – Facial weakness.

Wajah terasa lemah. Minta orang tersebut tersenyum, biasanya jika dia susah untuk senyum kemungkinan bisa stroke. Dan misalnya dia bisa senyum sisi kanan dan sisi kiri senyuman terlihat sekali bedanya. Salah satu sisi biasanya tertinggal

A – Arm weakness

Minta penderita mengangkat kedua tangannya. Jika memang terjadi gejala stroke biasanya penderita akan susah bahkan tidak bisa mengangkat salah satu lengannya. Jika mengangkat kedua lengan biasanya salah satu sisi akan tertinggal.

S – Speech problems

Minta penderita untuk berbicara sesuatu, apakah terasa berat. Pelo atau tidak jelas atau bahkan tidak bisa sama sekali mengucapkan kata-kata.

T – Time to call emergency unit

Jika tanda dan gejala stroke terlihat, maka segera hubungi unit gawat darurat segera. Jangan menunda lagi. Apalagi melakukan intervensi yang berbahaya seperti menusuk jari dan pembuluh darah. Hal ini harus cepat karena tingkat keparahan pasien dapat semakin tinggi jika tidak segera dilakukan pertolongan medis.

Informasi yang baik dan benar mengenai stroke akan dapat mempengaruhi tingkat kepulihan pasien dengan curiga stroke  di masa yang akan datang. Semoga diri kita dan seluruh keluarga kita terhindar dari penyakit stroke.

Referensi

  1. First Aid procedures: stroke.http://www.bbc.co.uk/health/treatments/first_aid/procedures/stroke.shtml. diakses tanggal 9 januari 2013
  2. First aid advice for stroke. http://www.sja.org.uk/sja/first-aid-advice/stroke.aspx. diakses tanggal 9 januari 2013
  3. First aid: stroke. http://www.essortment.com/first-aid-stroke-37826.html. diakses tanggal 9 januari 2013
  4. First aid stroke. http://www.redcross.org.uk/What-we-do/First-aid/Everyday-First-Aid/Stroke. diakses tanggal 9 januari 2013
  5. Stroke. http://www.stjohn.org.nz/First-Aid/First-Aid-Library/Stroke/. diakses tanggal 9 januari 2013
  6. Berbagai sumber literature kedokteran dan pengalaman pribadi
SHARE donk kakak...
tags: , , ,