Cara Mengobati Biang Keringat Pada Bayi

Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif, untuk itu bagi seorang ibu harus pintar dalam merawat kulit si buah hati.Banyak sekali cara-cara yang ibu lakukan untuk menjaga serta merawat kulit sensitif si bayi. Apalagi jika si bayi terkena biang keringat, akan membuat kulit bayi menjadi kemerahan yang membuat ibu semakin khawatir dan ekstra hati-hati dalam menjaga bayinya. Biang keringat adalah tersumbat nya pori-pori sehingga keringat tidak bisa keluar. Dampak dari biang keringat adalah timbul bintik-bintik berwarna putih dan merah yang akan membuat kulit bayi terasa gatal. Berikut adalah cara mengobati biang keringat pada bayi yang bisa ibu lakukan :

Saat mandi sebaiknya menggunakan air hangat, dengan air hangat akan membersihkan kulit dengan optimal dan lebih bersih. Saat mandi sebaiknya gunakan sabun antiseptik yang lembut. Dengan air hangat pula secara efektif akan membunuh kuman beserta bakteri yang ada di kulit. Gosok badan bayi dengan lembut ke semua bagian tubuh seperti sela-sela ketiak, leher, kaki bayi agar kebersihan tubuh bayi terjaga.

Setelah mandi keringkan bayi dengan handuk yang lembut, saat mengusap kan kulit menggunakan handuk sebaiknya secara pelan-pelan agar tidak melukai kulit bayi yang terkena biang keringat.

Cara Mengobati Biang Keringat Pada Bayi

Cara mengobati biang keringat pada bayi yang selanjutnya yaitu gunakan bedak tabur khusus untuk bayi setelah mandi. Bedak tabur ini berfungsi untuk menyerap keringat yang keluar dari kulit.

Kenakan pakaian ke bayi yang berbahan dasar mudah menyerap keringat seperti katun, dengan demikian akan mengurangi kemungkinan untuk terkena biang keringat kembali. Hindari pula pakaian yang ketat, karena akan membuat bayi menjadi tidak nyaman. Pakaian yang ketat juga akan membuat kulit bayi menjadi lembap yang semakin memperburuk kondisi biang keringat pada kulit.

Saat bayi berkeringat banyak, gantilahpakaiannya untuk menghindari kuman atau bakteri berkembang biak yang bisa memperburuk kondisi biang keringat pada kulit.

Saat bayi berkeringat banyak ibu juga dapat meniup kulit si bayi agar tidak kepanasan, atau ibu juga bisa menggunakan kipas. Akan tetapi harus diingat harus pelan-pelan saat melakukannya.

Tepung tapioka juga bisa dijadikan obat untuk mengatasi biang keringat, caranya yaitu siapkan tepung tapioka yang telah dicampur dengan sedikit air. Oleskan sedikit demi sedikit ke biang keringat yang ada di kulit bayi Anda. Cara mengobati biang keringat pada bayi ini terbukti cukup efektif.

Periksakan ke dokter jika kondisi biang keringat semakin parah. Dengan begitu akan diberikan obat khusus untuk mengobati biang keringat. Obat yang diberikan biasanya berupa bedak tabur atau cair. Bisa juga obat yang lain sesuai resep dokter.

Saat mencuci pakaian bayi harus benar-benar bersih, jangan sampai ada sabun atau detergent yang masih tertinggal. Karena sabun atau detergent dapat memicu pula biang keringat pada bayi.

Semoga cara mengobati biang keringat pada bayi di atas bisa bermanfaat.

Add Comment