Cara mengobati kanker Payudara

Drwox.com – Kanker payudara merupakan kanker yang paling ditakuti oleh para wanita. Jika sudah terdiagnosis kanker payudara sebaiknya pasien segera berkonsultasi ke dokter tentang bagaimana mengobati kanker payudara. Pengobatan kanker pada saat ini sudah mencapai tahap yang paling baik, baik secara teknologi maupun ilmu pengetahuan. Penelitian demi penelitian dilakukan oleh para ilmuwan untuk melakukan pengobatan terbaik bagi pasien kanker payudara. Selain mengetahui resiko kanker payudara ada baiknya kita mengetahui cara mengobati kanker payudara. Lalu apa saja cara pengobatan untuk pasien penderita kanker payudara ? Berikut penjelasan singkatnya :

  • Bertanya dan second opinion

Jika pasien terdiagnosa kanker payudara, maka tanyalah kepada dokter dengan jelas dan lengkap. Minta penjelasan dokter alasan anda terdiagnosa kanker payudara, dan bertanyalah bagaimana menangani penyakit ini secara utuh. Jika perlu lakukan second opinion atau meminta pendapat dokter ahli lainnya tentang penyakit kanker payudara. Jika sudah mantab dan yakin, lakukan apa yang disarankan oleh dokter.

cara mengobati kanker payudara

  • Terapi bedah atau operasi pada kanker

Terapi ini hampir selalu dilakukan oleh ahli bedah dalam rangka menghilangkan sel kanker pada payudara. Tujuannya untuk menghilangkan sel kanker yang aktif dan mengurangi resiko penyebaran yang lebih cepat. Terapi bedah dilakukan tergantung dari stadium kanker tersebut. Terapi bedah dapat dilakukan secara simple saja, artinya mengambil sebagian kecil jaringan yang mengandung sel kanker. Atau mastectomy, yaitu mengambil seluruh jaringan payudara. Kemudian radical mastectomy yaitu mengambil seluruh jaringan payudara dan jaringan sekitarnya seperti kelenjar getah bening di area aksila.

  • Kemoterapi pada kanker

Pengertian terapi Kemoterapi adalah terapi kanker dengan cara pemberian obat-obatan khusus kanker yang bertujuan untuk mematikan sel kanker, mencegah penyebaran kanker dan mencegah kanker berkembang lebih jauh. Kemoterapi dapat melemahkan sel kanker dan menghancurkannya.

  • Terapi radiasi pada kanker

Terapi radiasi adalah terapi yang menggunakan sinar energy tinggi untuk menghancurkan sel kanker. Terapi ini juga ukup efektif menghilangkan sel kanker pasca operasi.

  • Terapi hormon pada kanker

Terapi hormone bertujuan untuk mencegah kekambuhan kanker setelah dilakukan terapi bedah. Hal ini dilakukan karena hormone wanita seperti estrogen dapat memicu pertumbuhan sel kanker payudara. Jadi terapi hormone ini berupaya mengurangi jumlah hormon estrogen dalam tubuh.

  • Terapi target

Terapi ini hampir mirip dengan kemoterapi namun terapi ini hanya mentarget sel kanker secara spesifik. Sehingga terapi ini mengakibatkan efek samping yang lebih sedikit. Terapi ini biasanya digunakan sebagai terapi tambahan pada kemoterapi

  • Terapi alternatif atau komplementer untuk kanker

Pasien pada dasarnya meiliki hak untuk memilih terapi yang diinginkannnya. Sebagai dokter, saya tetap emnyarankan terapi medis untuk pilihanterapi terbaik. Namun kadangkala pasien sudah putus asa atau takut dengan pengobatan medis. Maka pasien lebih memilih terapi alternative. Hal ini menurut saya sah-sah saja, pilihanterakhir ada di tangan pasien. Terapi komplementer berarti menggabungkan terapi medis dengan terapi alternative. Kadang ada dokter menggabungkan obat-obatan medis dengan terapi herbal yang sudah ada penelitiannya. Kadang kala dokter yang memiliki kemampuan akupuntur juga memakainya untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan kanker. Ingat jangan asal melakukan terapi alternative, apalagi yang tanpa ilmu pengetahuan medis. Kami pernah menemui pasien kanker dengan stadium ringan datang ke alternative dan meninggalkan terapi medis kankernya malah menyebar sampai tahap akhir. Kalau sudah begini pasien yang rugi, dan pengobatan alternative non dokter biasanya meng-klaim dapat mengobati segala penyakit. Hal ini sungguh berbahaya, dan membahayakan pasien.

  • Terapi tambahan lain

Terapi tambahan lain yang dimaksud adalah terapi yang bertujuan untuk mengurangi rasa sakit, meningkatkan imunitas tubuh dan meningkatkan kualitas tubuh serta untuk mengatasi efek samping obat kemoterapi.

Semoga bermanfaat. Semoga kita semua terhindar dari penyakit kanker payudara. amiin.

Add Comment