Beberapa Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Yang Bisa Anda Lakukan

Menjaga kebersihan adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang, karena dengan menjaga kebersihan anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Seperti diketahui, penyakit itu biasanya datang dari lingkungan yang kotor. Cara menjaga kebersihan lingkungan, sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Yang penting adanya kesadaran dari masyarakat, untuk selalu menjaga kebersihan.

Berikut ada beberapa cara menjaga kebersihan lingkungan yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Walaupun kelihatannya sepele, tapi ini masih sulit untuk dilakukan oleh banyak orang.Kebiasaan orang yang membuang sampah sembarangan, memang cukup sulit untuk dihentikan.Perlu adanya himbauan untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, terlebih kebiasaan membuang sampah di sungai.Buatlah tempat sampah disekitar lingkungan anda, bila perlu tempat sampah untuk membedakan sampah organik dan anorganik.

Cara menjaga kebersihan lingkungan ini, sangat tepat bila diterapkan dilingkungan sekolah.Karena bisa melatih anak-anak untuk bisa membuang sampah ditempatnya.

  1. Bekerjasama Dalam Membersihkan Lingkungan

Cara menjaga kebersihan lingkungan ini juga sangat penting.Karena agar lingkungan selalu bersih, perlu kerjasama dari semua pihak untuk mewujudkannya. Ini bisa dilakukan dengan cara, melakukan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan. Membersihkan lingkungan hendaknya tidak hanya di darat saja, tetapi juga di air.Kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan ini bisa dilakukan secara rutin sebulan dua kali. Dan untuk yang berada dilingkungan rumah maupun sekolah, sebaiknya dilakukan setiap hari dengan cara bergantian.

  1. Membersihkan saluran Air

Saluran air juga harus selalu dijaga kebersihannya.Karena saluran air yang mampet bisa menjadi sarang nyamuk, dan juga menjadi potensi terjadinya banjir.Agar air bisa mengalir dengan lancar, bersihkan semua sampah yang berada di saluran air secara rutin.cara menjaga kebersihan lingkungan

  1. Mengolah Sampah Menjadi Barang Yang Berguna

Cara menjaga kebersihan lingkungan yang satu ini, juga sekarang sedang banyak digalakkan diberbagai tempat. Anda bisa mulai memanfaatkan sampah yang masih bisa digunakan, menjadi barang-barang yang bersifat produktif. Ini memerlukan ide kreatif dari masyarakat. Agar bisa memanfaatkan sampah yang tidak terurai oleh tanah, menjadi barang dengan nilai jual yang lebih.Ini juga untuk mengurangi sampah yang ada disekitar anda.

  1. Lakukan Penghijauan

Agar lingkungan sekitar tetap terlihat sejuk, dan juga ASRI.Apasalahnya jika anda menanaminya dengan tumbuhan hijau. Untuk melakukan ini perlu adanya kerjasama antara anda, dengan warga sekitar.

  1. Menerapkan Kesadaran Tentang Arti Pentingnya Kebersihan

Cara menjaga kebersihan lingkungan ini, sebaiknya diterapkan sejak dini terutama pada anak-anak. Ini akan lebih maksimal daripada bila diterapkan ketika telah dewasa. Berilah contoh yang baik tentang bagaimana menjaga kebersihan pada anak-anak, tapi juga tidak perlu terlalu memaksa anak untuk melakukannya.

Itulah beberapa cara menjaga kebersihan lingkungan yang bisa anda lakukan. Dan dengan menerapkan cara tersebut, anda bisa menciptakan lingkungan yang bersih yang tentu saja sangat bermanfaat sebagai salah satu cara menjaga kesehatan anda dan juga keluarga.

Add Comment