Cara Menjaga Kesterilan Alat Kesehatan

Dalam kondisi medis yang sangat mengerikan, para staf di dunia medis dituntut untuk kerja serba cepat. Hal ini membuat mereka tidak memiliki waktu yang memadai untuk membersihkan alat medis atau alat kesehatan yang dipakai untuk keperluan sebelumnya. Padahal, sterilisasi alat kesehatan sangat penting untuk menjaga kebersihannya agar aman dan terbebas dari bakteri. Sering kita dengar banyak kasus kematian yang berakhir di meja operasi. Penyebabnya bukan hanya dari penyakit atau masalah yang diderita pasien sendiri, namun bisa juga karena staf medis lupa atau lalai untuk menjaga kesterilan atau kebersihan alat medisnya. Hal ini sangat berbahaya karena dapat memicu infeksi dalam tubuhnya. Untuk itu, perlu sekali sterilisasi ini sebelum diadakan operasi setelah sebelumnya terkena darah atau cairan apapun.

Ada banyak cara untuk mensterilkan alat kesehatan, seperti menggunakan sabun antibakteri, pencahayaan sinar UV, dan penggunaan panas. Cara yang paling ampuh untuk sterilisasi adalah dengan panas. Panas yang tinggi daapat membunuh hampir seluruh kuman berbahaya. Uap juga dinilai lebih efektif daripada panas yang didapat dari oven. Membersihkan alat kesehatan harus melalui suatu prosedur yang tepat agar terbebas dari berbagai macam kontaminasi yang dapat mengancam kesehatan pasien. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diaplikasikan:

alat kesehatan

  1. Biasakan sebelum melakukan operasi, bersihkan terlebih dahulu semua peralatan. Bisa menggunakan sabun antibakteri, seperti yang telah tersebut di atas, atau air panas untuk membilas debu dan berbagai macam kotoran. Jika hendak menggunakan air panas, membutuhkan waktu 30 menit agar benar-benar steril. Namun perlu diwaspadai bahaya karat pada alat kesehatan. Untuk itu, berikan 5 sdm minyak selama air dipanaskan. Lalu, bentangkan kain bersih di atasnya dan taruh alatnya di situ. Maka air akan berevaporasi. Jangan taruh alat kesehatan tersebut jika masih dalam keadaan basah.
  2. Menggunakan desinfektan yang sudah diakui keamanannya juga bisa dijadikan solusi. Terdapat beberapa level desinfektan yang bisa digunakan tergantung jenis bakteri yang melekat pada alat tersebut. Menggunakan cairan ini diyakini ampuh untuk memusnahkan hampir semua bakteri. Penggunaaan alkohol skala sedang dan ruangan dengan pencahayaan sinar UV juga bisa dimanfaatkan.

Dengan menjaga kesterilan alat kesehatan, pasien akan terhindar dari bahaya kontaminasi dan infeksi yang disebabkan oleh alat-alat yang digunakan.

Add Comment