Cara Menurunkan Demam Pada Bayi Secara Alami Dan Aman

Demam merupakan salah satu gejala penyakit umum yang sering dialami oleh banyak orang. Demam bisa terjadi karena system kekebalan tubuh tidak mampu menghalangi adanya virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Penyebab dari demam bisa terjadi karena banyak hal dari cuaca yang kurang mendukung, terkontaminasi oleh suatu barang hingga tertular oleh orang yang sudah mengalami gejala tersebut.

Gejala yang satu ini memang sangat membuat tidak nyaman. Tidak hanya orang dewasa saja yang dapat mengalami hal tersebut, bahkan anak-anak dalam usia bayi pun bisa mengalami demam. Selain akan membuat suhu badan menjadi panas, demam juga bisa membuat kejang-kejang jika tidak segera diatasi dengan baik. Sebagai pertolongan pertama, orang tua pasti akan memberikan obat penurun panas secara instan. Ada baiknya anda menggunakan cara menurunkan demam pada bayi secara alami yang terbukti tidak akan memberikan efek samping untuk kesehatan anak.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai banyak kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga cara menurunkan demam pada bayi dengan menggunakan bahan tersebut sangat efektif untuk dilakukan. Cara penggunaanya yaitu siapkan kurang lebih ½ bagian jeruk nipis, madu secukupnya dan 1 butir kuning telur. Setelah semua bahan dipersiapkan, peraslah jeruk nipis hingga mengeluarkan sarinya dan tambahkan dengan ½ gelas air hangat.  Setelah diaduk campurkan madu dan berikan pada si kecil ¼ gelas untuk dikonsumsi selama dua kali dalam sehari.

  • Bawang Merah

Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada bawang merah, mampu meredakan gejala panas dan cepat untuk menurunkan demam si kecil. Cara menurunkan demam pada bayi dengan menggunakan bahan yang satu ini yaitu siapkan beberapa siung bawang merah kemudian parut hingga halus. Setelah itu campurkan parutan bawang merah tersebut dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian anda bisa menggunakan bahan tersebut untuk meredakan panas pada anak dengan cara dibalurkan pada seluruh tubuh si kecil.http://drwox.com/cara-mengatasi-atau-mengobati-demam-pada-anak/

  • Kunyit

Bahan yang satu ini memang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan, salah satunya yaitu sebagai cara menurunkan demam pada bayi. Caranya siapkan perasan kunyit, 1 butir telur ayam kampung dan sedikit kapur sirih. Campur semua bahan pada satu tempat secara merata kemudian tambahkan sedikit air panas. Setelah itu berikan ramuan tersebut pada anak dengan cara meminumkannya sedikit demi sedikit.

  • Air Kelapa Muda

Ketika anak mengalami panas atau demam, tubuh akan banyak mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuhnya. Anda bisa memanfaatkan air kelapa muda untuk menggantikan cairan yang hilang tersebut. Karena air kelapa muda mengandung banyak kandungan mineral dan kalium yang baik untuk meredakan panas pada anak.

Itulah beberapa cara menurunkan demam pada bayi yang bisa anda coba untuk mengatasi permasalahan si kecil. Selain aman karena menggunakan bahan alami, bahan yang digunakan pun mudah untuk didapatkan.

*perhatian artikel di atas bersifat artikel informatif, yang dipakai bila anda tidak menemukan obat penurun panas atau tenaga medis terdekat. Tidak diperkenankan mempraktekkan tanpa pengawasan tenaga medis.

baca artikel ini juga –> cara mengatasi demam pada anak

Add Comment