Anak Anda Panas? Lakukanlah Cara Menurunkan Panas Anak Secara Alami Ini Sesegera Mungkin

drwox.com – Ada kalanya kesehatan seseorang terganggu akibat system kekebalan tubuhnya sedang mengalami penurunan. Salah satu hal gangguan yang sering dialami tersebut adalah panas maupun demam. Biasanya jika sedang mengalami panas, tubuh akan terasa tidak nyaman dan terasa lemah. Namun bagaimana jika panas yang membuat tidak nyaman tersebut dialami oleh para anak-anak, tentu hal ini harus disikapi dengan serius. ingin tahu cara menurunkan panas anak secara alami, simak tulisan di bawah ini. Tapi ingat ya tulisan ini hanya boleh digunakan sebagai referensi saja. hubungi dokter atau tenaga medis terdekat jika anak anda panas.

Memang benar, pada usia anak-anak system imunnya masih belum terjaga dengan baik sehingga sangat rentan dan mudah untuk terkena berbagai masalah kesehatan. Panas pada anak tentu akan membuat para orang tua merasa cemas karena seharian anak menjadi rewel. Untuk itu, anda sebagai orang tua harus mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan panas dalam anak anak. Anda bisa menggunakan cara menurunkan panas anak secara alami berikut ini.

  • Kunyit

Cara menurunkan panas anak secara alami yang pertama yaitu anda bisa menggunakan kunyit untuk meredakan gejala panas pada anak. Kunyit atau orang menyebutnya dengan kunir ini mempunyai kandungan zingeberen, turmeron, dan curcumin yang mempunyai peran sebagai anti inflamasi, antibakteri dan akntioksidan untuk menurunka panas anak yang bekerja efektif.

Caranya, anda bisa mempersiapkan beberapa ruas kunyit, kupas dan cuci hingga bersih. Kemudian parut kunyit tersebut kemudian campurkan dengan segelas air hangat. Setelah diaduk, saring ramuan tersebut agar nampak bersih setelah itu berikan kepada anak anda. Agar anak lebih suka, anda bisa menambahkan sedikit madu sebagai pemanis.

  • Bawang Merah

Selain merupakan salah satu bumbu masakan yang sering digunakan untuk bumbu memasak, bawang merah juga dimanfaatkan untuk cara menurunkan panas anak secara alami. Di dalam bawang merah terdapat kandungan minyak atsiri, sikloalin, metialin dan floroglusin yang membantu dalam meningkatkan kekebalan dalam tubuh si kecil. Anda bisa menyiapkan beberapa siung bawang merah kemudian parut dan campurkan satu sendok minyak zaitun. Setelah itu, balurkan parutan bawang merah tersebut pada seluruh bagian tubuh si kecil secara merata.Cara menurunkan panas pada anak

  • Temulawak

Tak hanya dikenal sebagai obat penambah nafsu makan saja, ternyata temulawak mempunyai khasiat untuk meredakan panas pada anak. Mempunyai kandungan curcumena yang bersifat antibiotic serta anti inflamasi yang cocok untuk memulihkan suhu pada anak. Dengan anda memarut satu ruas obat herbal yang satu ini, anda sudah bisa memanfaatkan temulawak sebagai cara menurunkan panas anak secara alami. Setelah dihaluskan, masukan temulawak tersebut pada segelas air hangat kemudian tambahkan 2 sendok madu. Setelah itu barulah anda bisa meminumkannya pada si kecil secara teratur.

  • Sambiloto

Bahan herbal yang satu ini mempunyai kandungan andrografolid yang berguna untuk menurunkan panas dengan cepat. Cara menurunkan panas anak secara alami dengan memanfaatkan bahan sambiloto ini yaitu rebus sekitar 10 gram daun sambiloto pada 2 gelas air. Setelah mendidih angkat dan saring air ramuan tersebut agar terpisah dengan ampasnya. Setelah bersih, tambahkan madu dan rebusan daun sambiloto siap anda berikan pada anak anda.

Dengan cara menurunkan panas anak secara alami di atas, semoga panas yang anak anda alami dapat segera diatasi dengan cara-cara tersebut. Semoga dapat membantu.

Perhatian, tips di atas hanya boleh diaplikasikan bila anda tidak menemukan obat penurun panas atau tenaga medis di sekitar anda. Sebaiknya jangan pernah menunda mengobati anak saat panas. Ingat demam lebih dari 3 hari, anda wajib ektra waspada.

Add Comment