Cara Merawat Gigi Berlubang Agar Tidak Sakit

Memiliki gigi yang berlubang tentu sangat menyusahkan bagi anda.Karena sering menimbulkan rasa sakit, dan juga membuat gigi anda lebih sensitive daripada biasanya.Gigi yang berlubang bisa dialami oleh siapa saja, terlebih pada orang dewasa. Bila anda mengalami masalah gigi yang berlubang dan tidak ingin mencabutnya, anda tentu perlu mengetahui cara merawat gigi berlubang. Cara merawat gigi berlubang ini akan membuat gigi anda menjadi tidak sakit lagi, dan bisa anda lakukan dengan mudah di rumah.

Beberapa cara merawat gigi berlubang yang mudah, antara lain:

  1. Hindari Mengkonsumsi Makanan yang Dingin dan Juga Panas

Cara merawat gigi berlubang yang pertama adalah, dengan tidak mengkonsumsi makanan yang dingin dan panas. Sebab itu akan membuat nyeri di bagian gigi yang berlubang, dan bila dibiarkan begitu saja akan merusak lapisan email gigi. Selain itu agar lubang di gigi anda tidak semakin parah, maka kurangilah konsumsi makanan yang manis, bersantan, dan juga makanan yang asam.

  1. Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Gunakanlah pasta gigi khusus, yang bisa anda dapatkan dengan mudah di pasaran. Umumnya pasta gigi ini mengandung kalsium dan juga xylitol. Gunakan pasta gigi ini 2 kali sehari, untuk mencegah lubang di gigi anda semakin besar.Dengan penggunaan secara rutin juga dapat memberi lapisan baru pada gigi berlubang anda.

  1. Menggunakan Sikat Gigi Dengan Bulu Yang Lembut

Cara merawat gigi berlubang berikutnya yaitu, dengan menyikat gigi menggunakan sikat gigi yang lembut.Ini agar gigi yang berlubang anda tidak terasa ngilu ketika anda sikat.Serta gunakanlah gerakan yang lembut ketika anda menyikat gigi, terutama dibagian gigi yang berlubang.merawat gigi berlubang

  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral dan kalsium

Makanan yang mengandung kalsium dan juga mineral, sangat baik untuk menjaga kekuatan gigi.Konsumsilah sayur, buah-buahan, telur, dan susu sebab jenis makanan tersebut sangat baik untuk kesehatan gigi anda.

  1. Berkumur dengan air garam

Bila gigi anda yang berlubang terasa nyeri, maka anda bisa mengatasinya dengan berkumur menggunakan air garam yang hangat. Anda juga dapat menambah air perasan jeruk nipis, kedalam air garam yang akan anda gunakan untuk berkumur.

  1. Rutin menggosok gigi

Jangan malas untuk menggosok gigi anda, terlebih pada bagian yang berlubang. Sebab bila anda malas untuk menggosok gigi, tentu ada sisa makanan yang terselip dibagian gigi berlubang anda. Dan inilah yang sering membuat gigi yang berlubang mengalami nyeri, dan juga dapat membuat gigi berlubang anda semakin parah. Walaupun sakit, usahakan untuk tetap menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Atau bisa juga setiap 30 menit setelah anda makan.

Gigi berlubang memang perlu perawatan yang khusus. Karena bila anda biarkan begitu saja, tentu akan sangat mengganggu aktifitas anda terutama saat anda sedang makan.

 

Add Comment