Cara Mudah Agar Puasa Kita Lebih Berenergi

Menu santapan saat sahur merupakan salah satu penentu kekuatan untuk menahan lapar saat berpuasa hingga waktu berbuka tiba. Pada saat sahur, idealnya makanan yang disajikan di meja makan merupakan menu dengan gizi yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh, seperti karbohidrat, vitamin, protein, dan juga serat. Namun, karena harus memasak di pagi buta mengakibatkan ritme memasak menjadi sedikit berbeda, sehingga terkadang justru membuat banyak orang tidak ingin menyediakan masakan yang ribet.

Menurut Chef Yeni Ismayani pada acara cooking class di Jakarta, karena malas dalam memasak makanan yang ribet, maka orang menjadi lebih senang untuk memasak makanan instan tanpa memikirkan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Meski telah mulai sadar akan pentingnya pemenuhan asupan gizi saat sahur, namun masih terdapat hal yang perlu untuk dipersiapkan juga, yaitu kecukupan serat. Konsumsi serat pada umumnya memang hanya dipenuhi lewat sayuran. Chef Yeni menambahkan bahwa serat yang terkandung di dalam sayur hanya berjumlah sedikit, sehingga agar serat tercukupi lebih baik konsumsi serat ditambah melalui buah-buahan. Cara Mudah Agar Puasa Kita Lebih Berenergi

Namun, konsumsi buah saat sahur justru dihindari oleh banyak orang karena mereka takut perutnya akan menjadi sakit akibat rasa asam yang berasal dari buah – buahan. Sehingga buah lebih sering dikonsumsi justru pada saat berbuka. Namun, perempuan lulusan Ilmu Tata Boga, Universitas Negeri Jakarta ini justru menyarankan agar mengkonsumsi buah juga dilakukan pada saat sahur. Karena buah mengandung vitamin dan serat yang tinggi sehingga akan membantu dalam mencukupi kebutuhan serat selama satu hari. Oleh karena itu, perut akan lebih lama merasa kenyang. Di samping itu, kandungan serat pada buah juga dapat membantu Anda untuk mempunyai energi yang lebih dan tidak lemas pada saat beraktivitas di bulan Ramadan.

Chef Yeni juga menambahkan bahwa buah potong, jus, atau smoothies buah segar lebih baik disajikan kepada keluarga pada saat mendekati waktu Imsak. Hal ini merupakan tips yang dapat dilakukan agar perut akan merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Add Comment