Cara Mudah Mengatasi Anak Yang Malas Belajar

Belajar adalah tuntutan hidup bagi semua orang, dari anak-anak sampai orang dewasa semuanya haruslah belajar. Bagi ibu atau orang tua yang anaknya rajin belajar, tentunyaakan tenang-tenang saja. Akan tetapi bagaimana dengan ibu yang anaknya seringkali malas untuk belajar?.Ibu yang anaknya kerap kali malas untuk belajar harus ekstra sabar.Sebenarnya banyak metode yang dapat ibu lakukan di rumah agar anaknya tidak malas belajar.Berikut beberapa cara mengatasi anak malas belajar yang bisa ibu lakukan :

– Gunakan metode belajar yang menyenangkan
Saat ibu akan mengajak belajar, gunakan metode yang menyenangkan. Seperti belajar sambil bernyanyi dan bermain. Dengan begitu anak akan tertarik untuk belajar terus-menerus, karena suasananya yang menyenangkan dan tidak membosankan. Dengan nyanyian anak akan lebih mudah untuk menyerap pelajaran, dengan metode yang seperti itu anak tidak akan stres dan anak akan tertarik terus untuk belajar.

– Berikan target
Misalnya jika anak ibu mendapat ranking 10 besar atau 3 besar ibu akanmemberikannya hadiah. Dengan target yang seperti itu,akan memotivasi anak untuk lebih giat lagi belajar, khususnya saat belajar di rumah. Jika target anak ibu berhasil selain mendapatkan hadiah, ia juga akan termotivasi terus menerus untuk belajar. Dia akan berpikir bahwa mendapat ranking ternyata akan membawa kebahagiaan yang besar, yaitu selain mendapat hadiah juga akan di bangga kan oleh banyak orang.Cara mengatasi anak malas belajar ini sudah dibuktikan oleh beberapa orang tua, dan hasilnya cukup efektif.Cara Mudah Mengatasi Anak Yang Malas Belajar

– Berikan camilan
Saat anak ibu belajar di rumah, berikan ia camilan atau jus segar. Dengan begitu anak akan merasa diperhatikan, sehingga ia akan belajar terus menerus untuk mendapatkan perhatian dari orang tuanya, salah satunya yaitu belajar.

– Berikan anak ibu alat tulis menulis yang menarik
Alat tulis menulis yang menarik akan membuat anak lebih semangat lagi saat belajar, dan saat belajar pun akan menjadi menyenangkan.

– Berikan pujian saat anak Anda sedang belajar
Dengan pujian semua orang akan menjadi senang, apalagi jika anak yang mendapat pujian dari orang tuanya, pasti akan tambah senang lagi. Dengan hal tersebut anak akan lebih giat lagi belajar untuk mendapatkan pujian dan rasa bangga dari orang tuanya.

– Ajak anak belajar di luar rumah atau luar ruangan
Cara mengatasi anak malas belajar ini bisa dilakukan dengan mengajaknya belajar di halaman rumah atau juga bisa di taman. Suasana taman yang asri akan membuat pembelajaran semakin menyenangkan, karena udaranya yang sejuk dan segar.

– Belajar kelompok
Belajar kelompok bersama teman-teman sungguh menyenangkan.Dengan belajar kelompok dapat merevisi mana saja yang masih salah dan harus dibenarkan. Belajar kelompok juga akan membuat anak semakin senang karena akan mendekatkannya bersama teman-teman, sehingga suasana menjadi akrab.
Semoga beberapa cara mengatasi anak malas belajar di atas bisa membantu.

Add Comment