Cara Sahur dan Berbuka Puasa Yang Baik dan Benar Menurut Kesehatan

Selama berpuasa, Anda tentunya akan membutuhkan tenaga lebih dalam menjaga daya tahan tubuh. Frekuensi makan akan berkurang saat puasa, sehingga metabolisme tubuh pun akan mengalami perubahan secara mendadak. Oleh karena itu, Anda harus pintar dalam memilih jenis makanan yang akan masuk ke dalam tubuh agar daya tahan tubuh tidak menurun akibat adanya perubahan metabolisme tersebut.

Chef Yeni Ismayani menuturkan bahwa saat sedang tidak berpuasa, makanan apa saja dapat bebas Anda santap. Namun pada saat berpuasa, ada beberapa makanan yang tidak boleh Anda santap saat sahur dan berbuka puasa agar tubuh tetap sehat dan puasa dapat berjalan lancar selama satu bulan penuh.

Hal yang penting untuk diperhatikan saat menyiapkan makanan sahur dan berbuka adalah mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, dan juga serat. Pada saat sahur, Anda sebaiknya juga harus menghindari makanan – makanan yang terlampau pedas karena makanan tersebut dapat menyebabkan perut sakit. Cara Sahur dan Berbuka Puasa Yang Baik dan Benar Menurut Kesehatan

Di samping itu, makanan yang memiliki rasa asam berlebih seperti halnya pempek serta makanan lainnya juga harus Anda hindari. Karena zat asam pada makanan tersebut akan difermentasikan saat berada di dalam lambung sehingga membuat perut menjadi tidak nyaman. Begitu juga dengan makanan yang terlalu asin, makanan tersebut juga harus dihindari saat makan sahur. Karena menurut Chef Yeni, makanan yang terlalu asin dapat menyerap cairan dari dalam tubuh sehingga Anda akan menjadi lebih mudah haus.

Berbeda dengan makanan saat sahur, makanan untuk berbuka puasa justru tidak terlalu banyak larangannya. Namun, Anda lebih baik menghindari goreng – gorengan dan juga makanan berlemak sebagai santapan pada saat berbuka puasa. Karena hal tersebut sama saja dengan menabung penyakit.

Menurut Chef Yeni, pada awal puasa mungkin tidak berasa apa – apa, namun saat memasuki pertengahan bulan puasa, kondisi tubuh akan mulai menurun akibat makanan tidak sehat yang telah Anda konsumsi. Di samping itu, ia juga menyarankan agar berbuka puasa dengan minuman yang manis. Namun, bukan menggunakan pemanis buatan. Apabila Anda ingin menikmati kelezatan dan kesegaran es buah, maka gantilah sirup dengan susu kental manis dan campuran buah – buahan yang memang sudah manis ke dalamnya.

Add Comment