Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Osteoporosis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang mengganggu fungsi tulang pada manusia. Biasanya, penyakit semacam ini lebih sering dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan pula bagi anda yang masih berusia produktif untuk mengalami gangguan kesehatan ini karena pada dasarnya gangguan kesehatan semacam ini tertuju pada penurunan kualitas tulang pada si penderita. Jika anda mengalami gangguan kesehatan pada tulang anda seperti penyakit ini, anda akan merasakan rasa sakit pada saat tubuh anda melakukan kegiatan atau gerakan tertentu seperti membungkuk atau mengangkat barang yang berat. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalsium yang sudah banyak menurun dalam tulang sehingga membuat tulang menjadi semakin tidak kuat.

Kemudian, rasa sakit yang anda rasakan tersebut juga akan semakin menjadi seiring dengan bertambahnya usia anda. hal ini disebabkan oleh sifat tulang yang semakin hari semakin kehilangan kekuatannta. Namun, sifat tulang yang semacam ini juga tergantung dari cara anda menjaga kesehatan tulang anda.

osteoporosis apa itu

Semakin sering anda memberi asupan yang tepat untuk tulang anda seperti kalsium dan vitamin D, maka semakin kecil pula kemungkinan anda untuk mengalami gangguan kesehatan yang semacam ini. Anda juga dapat mencegah osteoporosis dengan cara rutin melakukan olah raga. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, kegiatan jalan kaki yang dilakukan dengan rutin sudah terbukti cukup efektif untuk menghindarkan diri anda dari resiko terkena gangguan kesehatan semacam ini.

Yang perlu anda ingat adalah penyakit ini tidak semata dialami oleh mereka yang berusia lanjut. Bagi anda yang memiliki berat badan yang kurang ideal, memiliki hormone sex yang rendah selama masa menopause, perokok, dan wanita juga memiliki resiko yang cukup tinggi untuk mengalami gangguan kesehatan pada tulang anda seperti penyakit ini. Selain itu, bagi anda yang sedang menjalani pengobatan tertentu, anda juga memiliki resiko yang sama besar. Maka dari itu, anda yang termasuk dalam kategori tersebut perlu untuk lebih waspada dengan melakukan pencegahan seperti penjelasan di atas jauh-jauh hari agar anda tidak perlu mengalami gangguan kesehatan osteoporosis ini.

Add Comment