Cek Kesehatan Payudara dengan Mamografi

Drwox.com – Kesehatan payudara merupakan bagian dari kesehatan wanita yang memerlukan perhatian khusus. Kanker payudara sudah menjadi penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita. Penyakit ini biasanya terdeteksi manakala kanker sudah stadium lanjut. Jika sudah stadium lanjut maka kemungkinan kesembuahn total akan menjadi kecil. Namun apabila kanker ini ditemukan sejak awal maka angka kesembuhannya sangat tinggi sekali. Sudah banyak pasien kanker payudara yang bisa sembuh dengan total. Kuncinya adalah deteksi dini. Nah untuk mendeteksi secara dini dan akurat telah ada alat yang disebut dengan mammogram.

Mammogram atau mamografi adalah pemeriksaan radiologi payudara dengan menggunakan sinar X. Radiasi sinar X yang digunakan dalam pemeriksaan payudara ini sangat rendah sehingga sangat aman sekali untuk diterapkan pada wanita. Saat pemeriksaan payudara dengan mammogram, kedua payudara anda akan diletakkan di alat tersebut lalu dipasangkan dua plat. Kemudian setelah itu diambil foto radiologinya. Pada beberapa orang wanita pemeriksaan ini memang tidak nyaman, namun jangan khawatir pemeriksaan mammogram tidak akan melukai anda. Pemeriksaan ini biasanya hanya berlangsung sebentar saja, yakni sekitar 20 menit. Belum termasuk menunggu antrian, daftar dan hasilnya lho ya.

Cek Kesehatan Payudara Anda Dengan Mammogram

foto: dadang-saksono.blogspot.com

Jika hasil dari pemeriksaan mamografi tersebut diperoleh hasil yang mencurigakan. Misalnya ada benjolan yang dicurigai tumor atau kanker, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan yang dilakukan biasanya biopsy, yaitu pemeriksaan dengan mengambil sebagian jaringan untuk diperiksa lebih lanjut. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi apakah benjolan di payudara tersebut ganas atau jinak.

Kanker payudara adalah sel abnormal yang tumbuh di jaringan payudara dan dapat menyebar ke organ tubuh yang lain. Presentase kejadia kanker payudara dari hari ke hari menurut penelitian semakin meningkat saja. Kanker ini merupakan kanker paling umum yang menyerang wanita. Tidak banyak yang bisa bertahan dari penyakit kanker payudara ini jika terdeteksi sudah dalam stadium lanjut. Namun jangan khawatir, jika terdeteksi lebih awal maka angka kesembuhannya sangat tinggi sekali. Maka dari itu berobatlah sedini mungkin. Dan ingat satu lagi berobatlah dengan cara pengobatan ilmiah yang sudah deteliti secara mendalam.

Mammogram dapat dengan mudah menemukan adanya benjolan yang dicurigai bahwa itu tumor. Keakuratan alat ini sangat tinggi sekali. Banyak wanita dengan kanker payudara dapat bertahan hidup setelah kankernya dideteksi dan diobati secara dini. Kapan waktu yang tepat untuk memeriksa payudara dengan mammogram? Jika anda berumur 40 – 49 tahun, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter yang ahli sebelum melakukan pemeriksaan ini. Apakah pemeriksaan ini nantinya dapat bermanfaat untuk mendiagnosis penyakit kanker payudara. jika anda berumur 50 tahun ke atas anda dapat melakukan pengecekan rutin dengan mammogram dengan jangka waktu 2 tahun sekali. Pemeriksaan rutin dapat dilakukan mengingat resiko kanker payudara semakin tinggi bilamana usia semakin lanjut. Namun jika anda merasa ada keluhan dan kecurigaan ke arah kanker payudara maka anda dapat melakukannya kurang dari itu. Selalu konsultasikan keadaan kesehatan payudara anda kepada dokter terlebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan.

Add Comment